Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Kartu Angka Dan Gambar Pada Anak Di TK ABA Kraguman I Jogonalan Klaten Tahun Ajaran 2011/2012

Main Author: Arabia, Nur Isnanik
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/18102/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18102/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18102/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18102/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18102/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18102/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18102/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18102/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18102/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan melalui permainan kartu angka dan gambar pada anak di TK ABA Kraguman I Jogonalan Klaten Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan Kepala Sekolah. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara kuantitatif model alur, dengan 3 siklus, yang setiap siklusnya dilakukan dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak TK ABA Kraguman I Jogonalan Klaten melalui permainan kartu angka dan gambar, sebelum tindakan sampai dengan siklus III yaitu sebelum tindakan 40%, siklus I 60,41%, siklus II 73,54%, dan siklus III 86,87%. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui permainan kartu angka dan gambar dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak TK ABA Kraguman I Jogonalan Klaten.