Upaya Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Secara Lisan Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kelompok-B Di TK Pertiwi I Gagaksipat Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012

Main Author: Hidayati, Salis Wahyu
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/18099/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18099/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18099/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18099/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18099/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18099/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18099/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18099/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18099/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara lisan melalui metode bermain peran pada anak di TK Pertiwi I Gagaksipat Ngemplak Boyolali tahun ajaran 2011/2012. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelompok-B TK Pertiwi I Gagaksipat Ngemplak Boyolali tahun ajaran 2011/2012 sejumlah 19 anak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data kemampuan berkomunikasi lisan dan data bermain peran dikumpulkan melalui observasi tersetruktur. Jenis bermain peran yang digunakan adalah bermain peran makro. Analisis data menggunakan tabulasi dan prosentase. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase kemampuan berkomunikasi lisan dari siklus I sampai dengan siklus III, yakni peningkatan kemampuan berkomunikasi lisan siklus I mencapai 41,4% atau 8 anak dan peningkatan kemampuan berkomunikasi lisan pada siklus II mencapai 75% atau 16 anak dan pada siklus III sebesar 84% atau 16 anak. Dengan demikian metode bermain peran dapat meningkatkan kemapuan berkomunikasi lisan pada anak.