Upaya Peningkatan Motivasi Dan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Genius Learning (PTK Terhadap Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sragen)
Main Author: | Sari, Shinta Marlinda |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/18077/1/halaman_depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/18077/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/18077/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/18077/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/18077/8/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/18077/21/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/18077/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/18077/10/Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/18077/ |
ctrlnum |
18077 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/18077/</relation><title>Upaya Peningkatan Motivasi Dan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Genius Learning (PTK Terhadap Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sragen)</title><creator>Sari, Shinta Marlinda</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar siswa melalui strategi pembelajaran Genius Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas X B SMA Muhammadiyah 1 Sragen yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan keaktifan belajar siswa pada materi Logika melalui strategi pembelajaran Genius Learning. Hal ini dapat dilihat dari : 1) banyaknya siswa yang mengajukan pertanyaan pada proses pembelajaran sebelum tindakan sebanyak 4 siswa (15,4%), dan di akhir tindakan menjadi 8 siswa (30,8%), 2) siswa yang termotivasi mempresentasikan diskusinya sebelum tindakan sebanyak 6 siswa (23,1%), dan di akhir tindakan naik menjadi 10 siswa (38,5%), 3) siswa yang mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebanyak 3 siswa (11,5%), dan di akhir tindakan naik menjadi 6 siswa (23,1%), 4) siswa yang mencatat sebelum tindakan sebanyak 15 siswa (57,7%), dan di akhir tindakan menjadi 21 siswa (80,8%), 5) siswa yang mengerjakan tugas dari guru sebelum tindakan sebanyak 5
siswa (19,2%), di akhir tindakan menjadi 15 siswa (57,7%), 6) siswa yang aktif mempresentasikan hasil diskusinya sebelum tindakan sebanyak 4 siswa (15,4%), di akhir tindakan naik menjadi 10 siswa (38,5%), dan 7) siswa yang membantu siswa lain yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebanyak 2 siswa (7,7%), dan di akhir tindakan naik menjadi 5
siswa (19,2%).</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18077/1/halaman_depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18077/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18077/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18077/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18077/8/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18077/21/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18077/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18077/10/Lampiran.pdf</identifier><identifier> Sari, Shinta Marlinda (2012) Upaya Peningkatan Motivasi Dan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Genius Learning (PTK Terhadap Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410070067</relation><recordID>18077</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Sari, Shinta Marlinda |
title |
Upaya Peningkatan Motivasi Dan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Genius Learning (PTK Terhadap Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sragen) |
publishDate |
2012 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/18077/1/halaman_depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/18077/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/18077/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/18077/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/18077/8/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/18077/21/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/18077/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/18077/10/Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/18077/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar siswa melalui strategi pembelajaran Genius Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas X B SMA Muhammadiyah 1 Sragen yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan keaktifan belajar siswa pada materi Logika melalui strategi pembelajaran Genius Learning. Hal ini dapat dilihat dari : 1) banyaknya siswa yang mengajukan pertanyaan pada proses pembelajaran sebelum tindakan sebanyak 4 siswa (15,4%), dan di akhir tindakan menjadi 8 siswa (30,8%), 2) siswa yang termotivasi mempresentasikan diskusinya sebelum tindakan sebanyak 6 siswa (23,1%), dan di akhir tindakan naik menjadi 10 siswa (38,5%), 3) siswa yang mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebanyak 3 siswa (11,5%), dan di akhir tindakan naik menjadi 6 siswa (23,1%), 4) siswa yang mencatat sebelum tindakan sebanyak 15 siswa (57,7%), dan di akhir tindakan menjadi 21 siswa (80,8%), 5) siswa yang mengerjakan tugas dari guru sebelum tindakan sebanyak 5
siswa (19,2%), di akhir tindakan menjadi 15 siswa (57,7%), 6) siswa yang aktif mempresentasikan hasil diskusinya sebelum tindakan sebanyak 4 siswa (15,4%), di akhir tindakan naik menjadi 10 siswa (38,5%), dan 7) siswa yang membantu siswa lain yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebanyak 2 siswa (7,7%), dan di akhir tindakan naik menjadi 5
siswa (19,2%). |
id |
IOS2728.18077 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:41:54Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:41:56Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810598694617088 |
score |
17.538404 |