Upaya Peningkatan Motivasi Dan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Genius Learning (PTK Terhadap Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sragen)

Main Author: Sari, Shinta Marlinda
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/18077/1/halaman_depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18077/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18077/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18077/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18077/8/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18077/21/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18077/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18077/10/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18077/
ctrlnum 18077
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/18077/</relation><title>Upaya Peningkatan Motivasi Dan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Genius Learning (PTK Terhadap Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sragen)</title><creator>Sari, Shinta Marlinda</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar siswa melalui strategi pembelajaran Genius Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas X B SMA Muhammadiyah 1 Sragen yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan keaktifan belajar siswa pada materi Logika melalui strategi pembelajaran Genius Learning. Hal ini dapat dilihat dari : 1) banyaknya siswa yang mengajukan pertanyaan pada proses pembelajaran sebelum tindakan sebanyak 4 siswa (15,4%), dan di akhir tindakan menjadi 8 siswa (30,8%), 2) siswa yang termotivasi mempresentasikan diskusinya sebelum tindakan sebanyak 6 siswa (23,1%), dan di akhir tindakan naik menjadi 10 siswa (38,5%), 3) siswa yang mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebanyak 3 siswa (11,5%), dan di akhir tindakan naik menjadi 6 siswa (23,1%), 4) siswa yang mencatat sebelum tindakan sebanyak 15 siswa (57,7%), dan di akhir tindakan menjadi 21 siswa (80,8%), 5) siswa yang mengerjakan tugas dari guru sebelum tindakan sebanyak 5&#xD; siswa (19,2%), di akhir tindakan menjadi 15 siswa (57,7%), 6) siswa yang aktif mempresentasikan hasil diskusinya sebelum tindakan sebanyak 4 siswa (15,4%), di akhir tindakan naik menjadi 10 siswa (38,5%), dan 7) siswa yang membantu siswa lain yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebanyak 2 siswa (7,7%), dan di akhir tindakan naik menjadi 5&#xD; siswa (19,2%).</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18077/1/halaman_depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18077/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18077/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18077/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18077/8/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18077/21/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18077/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18077/10/Lampiran.pdf</identifier><identifier> Sari, Shinta Marlinda (2012) Upaya Peningkatan Motivasi Dan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Genius Learning (PTK Terhadap Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410070067</relation><recordID>18077</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Sari, Shinta Marlinda
title Upaya Peningkatan Motivasi Dan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Genius Learning (PTK Terhadap Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sragen)
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/18077/1/halaman_depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18077/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18077/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18077/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18077/8/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18077/21/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18077/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18077/10/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18077/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar siswa melalui strategi pembelajaran Genius Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas X B SMA Muhammadiyah 1 Sragen yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan keaktifan belajar siswa pada materi Logika melalui strategi pembelajaran Genius Learning. Hal ini dapat dilihat dari : 1) banyaknya siswa yang mengajukan pertanyaan pada proses pembelajaran sebelum tindakan sebanyak 4 siswa (15,4%), dan di akhir tindakan menjadi 8 siswa (30,8%), 2) siswa yang termotivasi mempresentasikan diskusinya sebelum tindakan sebanyak 6 siswa (23,1%), dan di akhir tindakan naik menjadi 10 siswa (38,5%), 3) siswa yang mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebanyak 3 siswa (11,5%), dan di akhir tindakan naik menjadi 6 siswa (23,1%), 4) siswa yang mencatat sebelum tindakan sebanyak 15 siswa (57,7%), dan di akhir tindakan menjadi 21 siswa (80,8%), 5) siswa yang mengerjakan tugas dari guru sebelum tindakan sebanyak 5 siswa (19,2%), di akhir tindakan menjadi 15 siswa (57,7%), 6) siswa yang aktif mempresentasikan hasil diskusinya sebelum tindakan sebanyak 4 siswa (15,4%), di akhir tindakan naik menjadi 10 siswa (38,5%), dan 7) siswa yang membantu siswa lain yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebanyak 2 siswa (7,7%), dan di akhir tindakan naik menjadi 5 siswa (19,2%).
id IOS2728.18077
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:41:54Z
last_indexed 2016-09-22T02:41:56Z
recordtype dc
_version_ 1765810598694617088
score 17.538404