Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1. Mengetahui perbedaan antara strategi pembelajaran Index Card Match dan Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD N Sambeng 1 tahun ajaran 2011/2012. 2. Mengetahui strategi yang lebih baik antara menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match dengan menggunakan strategi pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD N Sambeng 1 tahun ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD N Sambeng I, berjumlah 37 siswa yang terdiri dari kelas IVA menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match dan kelas IVB menggunakan strategi pembelajaran Two Stay Two Stray. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah uji-t, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan metode liliefors untuk uji normalitas. Dari analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh bahwa 1. Ada perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang belajar menggunakan Strategi Index Card Match dengan siswa yang belajar menggunakan Strategi Two Stay Two Stray, dengan uji t diperoleh thitung=3,196. 2. Hasil belajar matematika siswa kelas IV dengan menggunakan Strategi Two Stay Two Stray lebih baik dibandingkan dengan menggunakan Strategi Index Card Match. Hal ini dapat dilihat dengan nilai rata – rata 77,78 untuk kelas IVA dan 81,05 untuk kelas IVB.