Prestasi Belajar Akuntansi Ditinjau Dari Persepsi Siswa Tentang Kepribadian Guru Dan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri Karangpandan Tahun Ajaran 2011/2012
Main Author: | Jamil, Nur Rofiq Syahrizal |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/18066/1/02._HALAMAN_DEPAN_.pdf http://eprints.ums.ac.id/18066/3/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/18066/6/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/18066/8/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/18066/10/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/18066/11/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/18066/14/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/18066/16/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/18066/ |
ctrlnum |
18066 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/18066/</relation><title> Prestasi Belajar Akuntansi Ditinjau Dari Persepsi Siswa
Tentang Kepribadian Guru Dan Motivasi Belajar Pada
Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri Karangpandan
Tahun Ajaran 2011/2012


</title><creator>Jamil, Nur Rofiq Syahrizal </creator><subject>HB Economic Theory</subject><description>Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
positif persepsi siswa tentang kepribadian guru terhadap prestasi belajar akuntansi pada
siswa kelas XI IPS SMA Negeri Karangpandan Tahun Ajaran 2011/2012; 2) Untuk
mengetahui apakah terdapat pengaruh positif motivasi belajar terhadap prestasi belajar
akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri Karangpandan Tahun Ajaran 2011/2012;
3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif persepsi siswa tentang kepribadian
guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS
SMA Negeri Karangpandan Tahun Ajaran 2011/2012.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan
kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas XI IPS di SMA Negeri Karangpandan tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 129 siswa.
Sampel diambil sebanyak 95 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan
dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji
R2 serta sumbangan relatif dan efektif.
Hasil analisis regresi linier berganda memperoleh persamaan garis regresi:
Y = 47,642+ 0,259X1 + 0,380X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar
akuntansi dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang kepribadian guru dan motivasi
belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Persepsi siswa tentang kepribadian guru
berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA
Negeri Karangpandan, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda
(uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,387 > 1,986 dan nilai signifikansi < 0,05,
yaitu 0,001 dengan sumbangan relatif sebesar 45% dan sumbangan efektif sebesar 12,6%;
2) Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa
kelas XI IPS SMA Negeri Karangpandan, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis
regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,848 > 1,986 dan nilai
signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, dengan sumbangan relatif sebesar 55% dan sumbangan
efektif sebesar 15,4%; 3) Persepsi siswa tentang kepribadian guru dan motivasi belajar
berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA
Negeri Karangpandan, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier
berganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 17,877 > 3,095 dan nilai
signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,280
menunjukkan bahwa besarnya pengaruh persepsi siswa tentang kepribadian guru dan
motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi pada siswa kelas XI
IPS SMA Negeri Karangpandan adalah sebesar 28% sedangkan 72% sisanya dipengaruhi
oleh variabel lain yang tidak diteliti.
</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18066/1/02._HALAMAN_DEPAN_.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18066/3/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18066/6/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18066/8/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18066/10/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18066/11/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18066/14/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18066/16/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Jamil, Nur Rofiq Syahrizal (2012) Prestasi Belajar Akuntansi Ditinjau Dari Persepsi Siswa Tentang Kepribadian Guru Dan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri Karangpandan Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210060017</relation><recordID>18066</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Jamil, Nur Rofiq Syahrizal |
title |
Prestasi Belajar Akuntansi Ditinjau Dari Persepsi Siswa
Tentang Kepribadian Guru Dan Motivasi Belajar Pada
Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri Karangpandan
Tahun Ajaran 2011/2012 |
publishDate |
2012 |
topic |
HB Economic Theory |
url |
http://eprints.ums.ac.id/18066/1/02._HALAMAN_DEPAN_.pdf http://eprints.ums.ac.id/18066/3/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/18066/6/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/18066/8/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/18066/10/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/18066/11/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/18066/14/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/18066/16/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/18066/ |
contents |
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
positif persepsi siswa tentang kepribadian guru terhadap prestasi belajar akuntansi pada
siswa kelas XI IPS SMA Negeri Karangpandan Tahun Ajaran 2011/2012; 2) Untuk
mengetahui apakah terdapat pengaruh positif motivasi belajar terhadap prestasi belajar
akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri Karangpandan Tahun Ajaran 2011/2012;
3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif persepsi siswa tentang kepribadian
guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS
SMA Negeri Karangpandan Tahun Ajaran 2011/2012.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan
kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas XI IPS di SMA Negeri Karangpandan tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 129 siswa.
Sampel diambil sebanyak 95 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan
dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji
R2 serta sumbangan relatif dan efektif.
Hasil analisis regresi linier berganda memperoleh persamaan garis regresi:
Y = 47,642+ 0,259X1 + 0,380X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar
akuntansi dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang kepribadian guru dan motivasi
belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Persepsi siswa tentang kepribadian guru
berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA
Negeri Karangpandan, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda
(uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,387 > 1,986 dan nilai signifikansi < 0,05,
yaitu 0,001 dengan sumbangan relatif sebesar 45% dan sumbangan efektif sebesar 12,6%;
2) Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa
kelas XI IPS SMA Negeri Karangpandan, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis
regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,848 > 1,986 dan nilai
signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, dengan sumbangan relatif sebesar 55% dan sumbangan
efektif sebesar 15,4%; 3) Persepsi siswa tentang kepribadian guru dan motivasi belajar
berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA
Negeri Karangpandan, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier
berganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 17,877 > 3,095 dan nilai
signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,280
menunjukkan bahwa besarnya pengaruh persepsi siswa tentang kepribadian guru dan
motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi pada siswa kelas XI
IPS SMA Negeri Karangpandan adalah sebesar 28% sedangkan 72% sisanya dipengaruhi
oleh variabel lain yang tidak diteliti.
|
id |
IOS2728.18066 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:41:54Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:41:56Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810598418841600 |
score |
17.538404 |