Prestasi Belajar Akuntansi Ditinjau Dari Persepsi Siswa Tentang Kepribadian Guru Dan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri Karangpandan Tahun Ajaran 2011/2012

Main Author: Jamil, Nur Rofiq Syahrizal
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/18066/1/02._HALAMAN_DEPAN_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18066/3/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18066/6/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18066/8/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18066/10/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18066/11/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18066/14/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18066/16/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18066/
ctrlnum 18066
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/18066/</relation><title> Prestasi Belajar Akuntansi Ditinjau Dari Persepsi Siswa&#xD; Tentang Kepribadian Guru Dan Motivasi Belajar Pada&#xD; Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri Karangpandan&#xD; Tahun Ajaran 2011/2012&#xD; &#xD; &#xD; </title><creator>Jamil, Nur Rofiq Syahrizal </creator><subject>HB Economic Theory</subject><description>Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh&#xD; positif persepsi siswa tentang kepribadian guru terhadap prestasi belajar akuntansi pada&#xD; siswa kelas XI IPS SMA Negeri Karangpandan Tahun Ajaran 2011/2012; 2) Untuk&#xD; mengetahui apakah terdapat pengaruh positif motivasi belajar terhadap prestasi belajar&#xD; akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri Karangpandan Tahun Ajaran 2011/2012;&#xD; 3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif persepsi siswa tentang kepribadian&#xD; guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS&#xD; SMA Negeri Karangpandan Tahun Ajaran 2011/2012.&#xD; Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan&#xD; kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa&#xD; kelas XI IPS di SMA Negeri Karangpandan tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 129 siswa.&#xD; Sampel diambil sebanyak 95 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan&#xD; dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas.&#xD; Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji&#xD; R2 serta sumbangan relatif dan efektif.&#xD; Hasil analisis regresi linier berganda memperoleh persamaan garis regresi:&#xD; Y = 47,642+ 0,259X1 + 0,380X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar&#xD; akuntansi dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang kepribadian guru dan motivasi&#xD; belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Persepsi siswa tentang kepribadian guru&#xD; berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA&#xD; Negeri Karangpandan, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda&#xD; (uji t) diketahui bahwa thitung &gt; ttabel, yaitu 3,387 &gt; 1,986 dan nilai signifikansi &lt; 0,05,&#xD; yaitu 0,001 dengan sumbangan relatif sebesar 45% dan sumbangan efektif sebesar 12,6%;&#xD; 2) Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa&#xD; kelas XI IPS SMA Negeri Karangpandan, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis&#xD; regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung &gt; ttabel, yaitu 3,848 &gt; 1,986 dan nilai&#xD; signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,000, dengan sumbangan relatif sebesar 55% dan sumbangan&#xD; efektif sebesar 15,4%; 3) Persepsi siswa tentang kepribadian guru dan motivasi belajar&#xD; berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA&#xD; Negeri Karangpandan, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier&#xD; berganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung &gt; Ftabel, yaitu 17,877 &gt; 3,095 dan nilai&#xD; signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,280&#xD; menunjukkan bahwa besarnya pengaruh persepsi siswa tentang kepribadian guru dan&#xD; motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi pada siswa kelas XI&#xD; IPS SMA Negeri Karangpandan adalah sebesar 28% sedangkan 72% sisanya dipengaruhi&#xD; oleh variabel lain yang tidak diteliti.&#xD; </description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18066/1/02._HALAMAN_DEPAN_.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18066/3/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18066/6/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18066/8/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18066/10/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18066/11/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18066/14/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18066/16/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Jamil, Nur Rofiq Syahrizal (2012) Prestasi Belajar Akuntansi Ditinjau Dari Persepsi Siswa Tentang Kepribadian Guru Dan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri Karangpandan Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210060017</relation><recordID>18066</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Jamil, Nur Rofiq Syahrizal
title Prestasi Belajar Akuntansi Ditinjau Dari Persepsi Siswa Tentang Kepribadian Guru Dan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri Karangpandan Tahun Ajaran 2011/2012
publishDate 2012
topic HB Economic Theory
url http://eprints.ums.ac.id/18066/1/02._HALAMAN_DEPAN_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18066/3/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18066/6/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18066/8/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18066/10/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18066/11/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18066/14/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18066/16/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18066/
contents Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif persepsi siswa tentang kepribadian guru terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri Karangpandan Tahun Ajaran 2011/2012; 2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri Karangpandan Tahun Ajaran 2011/2012; 3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif persepsi siswa tentang kepribadian guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri Karangpandan Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri Karangpandan tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 129 siswa. Sampel diambil sebanyak 95 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2 serta sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi linier berganda memperoleh persamaan garis regresi: Y = 47,642+ 0,259X1 + 0,380X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar akuntansi dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang kepribadian guru dan motivasi belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Persepsi siswa tentang kepribadian guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri Karangpandan, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,387 > 1,986 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001 dengan sumbangan relatif sebesar 45% dan sumbangan efektif sebesar 12,6%; 2) Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri Karangpandan, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,848 > 1,986 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, dengan sumbangan relatif sebesar 55% dan sumbangan efektif sebesar 15,4%; 3) Persepsi siswa tentang kepribadian guru dan motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri Karangpandan, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier berganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 17,877 > 3,095 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,280 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh persepsi siswa tentang kepribadian guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri Karangpandan adalah sebesar 28% sedangkan 72% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
id IOS2728.18066
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:41:54Z
last_indexed 2016-09-22T02:41:56Z
recordtype dc
_version_ 1765810598418841600
score 17.538404