Pengaruh Faktor Motivasi Terhadap Sikap Mahasiswa Pengguna Berita Digital(Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Main Author: | Saraswati, Yeni |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/18064/1/DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/18064/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/18064/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/18064/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/18064/8/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/18064/10/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/18064/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/18064/14/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/18064/ |
ctrlnum |
18064 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/18064/</relation><title>Pengaruh Faktor Motivasi Terhadap Sikap Mahasiswa Pengguna Berita Digital(Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta)</title><creator>Saraswati, Yeni</creator><subject>HB Economic Theory</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menganalisis pengaruh motivasi untuk
mengetahui berita-berita baru terhadap sikap membaca surat kabar digital. 2)
Menganalisis pengaruh motivasi untuk mencari informasi-informasi tertentu
terhadap sikap membaca surat kabar digital. 3) Menganalisis pengaruh motivasi
untuk pencarian berita-berita yang dimutakhirkan terhadap sikap membaca surat
kabar digital. 4) Menganalisis pengaruh motivasi hiburan terhadap sikap membaca
surat kabar digital. 5) Menganalisis pengaruh motivasi kebiasaan terhadap sikap
membaca surat kabar digital pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah
Surakarta.
Teknik pengumpulan data dengan cara membuat dokuman yang ada pada
perusahaan yang mencakup data umum perusahaan sampai dengan data yang ada
relevansinya dengan materi penelitian. Analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah dengan analisis regresi berganda, uji t, uji F dan R2.
Simpulan yang diperoleh adalah: 1) Berdasarkan hasil analisis regresi
dapat diketahui persamaannya bahwa: Y = 2,560 + 0,219X1 + 0,152X2 + 0,201X3
+ 0,190X4 + 0,526X5, artinya bahwa bahwa faktor motivasi berpengaruh positif
terhadap sikap mahasiswa pengguna berita digital pada mahasiswa Fakultas
Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2) Berdasarkan hasil analisis uji
t, didapatkan nilai thitung untuk motivasi pada berita-berita baru sebesar 2,419 > ttab
1,990, variabel motivasi pada mencari informasi-informasi thitung 1,318 < ttab
1,990, variabel motivasi pada berita yang dimutakhirkan thitung 2,327 > ttab 1,990,
variabel motivasi pada hiburan thitung 2,196 > ttab 1,990, dan variabel motivasi pada
kebiasaan thitung 5,777 > ttabel 2,014. Hasil tersebut dapat diartikan bahwa faktor
motivasi berpengaruh positif terhadap sikap mahasiswa pengguna berita digital
pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta,
kecuali pada faktor mencari informasi yang tidak mempunyai pengaruh signifikan
terhadap sikap mahasiswa pengguna berita digital. 3) Hasil uji F diperoleh Fhitung >
Ftabel ; 45,513 > 2,290 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat
pengaruh signifikan secara simultan antara faktor motivasi terhadap sikap
mahasiswa pengguna berita digital pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas
Muhammadiyah Surakarta. 4) Hasil perhitungan uji R2 diperoleh sebesar 0,708,
artinya bahwa 70,80% variasi variabel sikap mahasiswa pengguna berta digital
dapat dijelaskan oleh variabel faktor motivasi yang terdiri dari berita-berita baru,
mencari informasi-informasi tertentu, pencarian berita-berita yang dimutakhirkan,
hiburan, kebiasaan, sedangkan sisanya yaitu 29,20% merupakan variabel yang
tidak diteliti, misalnya kemudahan mencari informasi, kebutuhan mencari
informasi, dan lainnya.
</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18064/1/DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18064/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18064/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18064/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18064/8/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18064/10/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18064/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18064/14/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Saraswati, Yeni (2012) Pengaruh Faktor Motivasi Terhadap Sikap Mahasiswa Pengguna Berita Digital(Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>B100040389</relation><recordID>18064</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Saraswati, Yeni |
title |
Pengaruh Faktor Motivasi Terhadap Sikap Mahasiswa Pengguna Berita Digital(Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta) |
publishDate |
2012 |
topic |
HB Economic Theory |
url |
http://eprints.ums.ac.id/18064/1/DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/18064/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/18064/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/18064/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/18064/8/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/18064/10/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/18064/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/18064/14/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/18064/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menganalisis pengaruh motivasi untuk
mengetahui berita-berita baru terhadap sikap membaca surat kabar digital. 2)
Menganalisis pengaruh motivasi untuk mencari informasi-informasi tertentu
terhadap sikap membaca surat kabar digital. 3) Menganalisis pengaruh motivasi
untuk pencarian berita-berita yang dimutakhirkan terhadap sikap membaca surat
kabar digital. 4) Menganalisis pengaruh motivasi hiburan terhadap sikap membaca
surat kabar digital. 5) Menganalisis pengaruh motivasi kebiasaan terhadap sikap
membaca surat kabar digital pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah
Surakarta.
Teknik pengumpulan data dengan cara membuat dokuman yang ada pada
perusahaan yang mencakup data umum perusahaan sampai dengan data yang ada
relevansinya dengan materi penelitian. Analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah dengan analisis regresi berganda, uji t, uji F dan R2.
Simpulan yang diperoleh adalah: 1) Berdasarkan hasil analisis regresi
dapat diketahui persamaannya bahwa: Y = 2,560 + 0,219X1 + 0,152X2 + 0,201X3
+ 0,190X4 + 0,526X5, artinya bahwa bahwa faktor motivasi berpengaruh positif
terhadap sikap mahasiswa pengguna berita digital pada mahasiswa Fakultas
Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2) Berdasarkan hasil analisis uji
t, didapatkan nilai thitung untuk motivasi pada berita-berita baru sebesar 2,419 > ttab
1,990, variabel motivasi pada mencari informasi-informasi thitung 1,318 < ttab
1,990, variabel motivasi pada berita yang dimutakhirkan thitung 2,327 > ttab 1,990,
variabel motivasi pada hiburan thitung 2,196 > ttab 1,990, dan variabel motivasi pada
kebiasaan thitung 5,777 > ttabel 2,014. Hasil tersebut dapat diartikan bahwa faktor
motivasi berpengaruh positif terhadap sikap mahasiswa pengguna berita digital
pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta,
kecuali pada faktor mencari informasi yang tidak mempunyai pengaruh signifikan
terhadap sikap mahasiswa pengguna berita digital. 3) Hasil uji F diperoleh Fhitung >
Ftabel ; 45,513 > 2,290 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat
pengaruh signifikan secara simultan antara faktor motivasi terhadap sikap
mahasiswa pengguna berita digital pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas
Muhammadiyah Surakarta. 4) Hasil perhitungan uji R2 diperoleh sebesar 0,708,
artinya bahwa 70,80% variasi variabel sikap mahasiswa pengguna berta digital
dapat dijelaskan oleh variabel faktor motivasi yang terdiri dari berita-berita baru,
mencari informasi-informasi tertentu, pencarian berita-berita yang dimutakhirkan,
hiburan, kebiasaan, sedangkan sisanya yaitu 29,20% merupakan variabel yang
tidak diteliti, misalnya kemudahan mencari informasi, kebutuhan mencari
informasi, dan lainnya.
|
id |
IOS2728.18064 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:41:54Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:41:56Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810598409404416 |
score |
17.538404 |