Pengaruh Kepemilikan Manajemen, Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Corporate Social Responsibility (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2010

Main Author: Lucianingtyas , Kharisma
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/18005/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18005/3/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18005/4/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18005/5/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18005/12/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18005/13/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18005/17/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18005/19/09._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18005/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemilikan manajemen, profitabilitas, dan leverage terhadap corporate social responsibility. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2010, sedangkan sampel dipilih dengan cara purposive sampling sesuai kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Metode pengumpulan data menggunakan polling data dengan jumlah yang terkumpul sebanyak 73 perusahaan. Dengan adanya data yang di outlier sebanyak 1 perusahaan maka sampel menjadi 72 perusahaan manufaktur Dari hasil pengumpulan sampel tersebut dilakukan analisis data menggunakan teknik analisis berupa analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis data dikemukakan berbagai kesimpulan sebagai berikut: (1) Variabel kepemilikan manajemen tidak berpengaruh signifikan terhadap CSR. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi di atas 0,05 yaitu sebesar 0,390. (2) Variabel profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap CSR. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi di atas 0,05 sebesar 0,066. (3) Variabel leverage berpengaruh signifikan terhadap CSR. Hal ini terbukti dengan nilai signifikansi 0,022 di bawah 0,05. Kata kunci: Corporate Social Responsibility, Kepemilikan Manajemen, Profitabilitas dan Leverage