Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Metode Melipat Kertas Pada Anak Kelompok B Tk Aba Gani Socokangsi Jatinom Klaten Tahun Ajaran 2011/2012

Main Author: Widati, Tri
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/17947/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17947/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17947/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17947/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17947/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17947/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17947/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17947/8/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17947/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui implementasi metode melipat kertas dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak Kelompok B TK ABA Gani Socokangsi dan untuk mengetahui seberapa besar keberhasilan implementasi dengan metode melipat kertas dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B TK ABA Gani Socokangsi Jatinom Klaten Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif model alur, dengan tiga siklus yang pada siklus I dan siklus II dilakukan dalam dua kali pertemuan dan siklus tiga dalam satu kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok B TK ABA Gani Socokangsi Jatinom Klaten Tahun Ajaran 2011/2012 melalui metode melipat kertas. Sebelum tindakan 40,97%, Siklus I 52,08%, Siklus II 65,4% dan Siklus III 80,27%. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui metode melipat kertas dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B TK ABA Gani Socokangsi Jatinom Klaten Tahun Ajaran 2011 / 2012.