Upaya Meningkatkan Kemampuan Menceritakan Kembali Cerita Yang Pernah Didengar Melalui Metode Bercerita Menggunakan Papan Flanel Di TK Pertiwi Beji Kecamatan Pedan Kabupaten Klaten Tahun 2012

Main Author: RIYANTI, RIYANTI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/17920/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17920/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17920/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17920/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17920/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17920/8/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17920/9/Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17920/15/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17920/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menceritakan kembali cerita yang pernah didengar melalui metode bercerita menggunakan papan flanel pada anak di TK Pertiwi Beji Pedan Klaten. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini berjumlah 12 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis model alur. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menceritakan kembali cerita yang pernah didengar anak, yakni sebelum tindakan 42,01%, Siklus I mencapai 60,06%, Siklus II mencapai 70,13%, dan Siklus III mencapai 81,94%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui metode bercerita menggunakan papan flanel dapat meningkatkan kemampuan menceritakan kembali cerita yang pernah didengar anak di TK Pertiwi Beji Pedan Klaten Tahun 2012.