Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Pada Usia 4-5 Tahun Melalui Penggunaan Media Papan Flanel Dalam Pembelajaran Tematik di TK PERTIWI I MANJUNG NGAWEN KLATEN TAHUN 2011-2012

Main Author: MURYANTI , MURYANTI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/17917/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17917/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17917/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17917/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17917/8/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17917/9/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17917/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17917/12/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17917/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi I Manjung, Ngawen, Klaten Tahun 2011/2012 melalui Pembelajaran Tematik. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif, peneliti berkolaborasi dengan guru kelas sebagai guru mitra. Subyek penelitian adalah peneliti sebagai pelaku tindakan kelas dan anak kelas A TK Pertiwi I Manjung. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Tiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian proses pembelajaran untuk mengetahui kemampuan berhitung permulaan, cara pemecahan masalah dan keaktifan anak dalam proses pembelajaran. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan media papan flanel dalam pembelajaran tematik tepat rencana, sehingga meningkatkan kemampuan berhitung anak kelas A TK Pertiwi I Manjung. Data pencapaian pada pra siklus 40%, siklus I 60%, siklus II 70% dan siklus III 80%.