Penerapan Permainan Pesan Berantai Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Pada Tk Aba Karanganom Vi Kelompok B Tahun Pelajaran 2011-2012
Main Author: | Prihatin, Prihatin |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/17894/1/Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/17894/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/17894/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/17894/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/17894/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/17894/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/17894/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/17894/9/lampiran-lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/17894/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang kemampuan berbahasa anak TK dengan tujuan untuk meningkatan kemampuan berbahasa, khususnya kemampuan mendengar dan berbicara pada TK ABA Karanganom VI, Kelompok B melalui permainan pesan berantai. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah guru sebagai pelaksana tindakan dan anak kelompok B yang terdiri dari 9 putri dan 7 putra. Pengumpulan data dilakukan oleh observer dengan tes performance dan observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kwalitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kemampuan berbahasa dapat ditingkatkan melalui penerapan permainan pesan berantai. Hasil peningkatan kemampuan berbahasa pada pra siklus adalah : 36,71%, siklus I mengalami peningkatan menjadi 61,04%, siklus II mengalami peningkatan menjadi 75,5%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan permainan pesan berantai dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak.