Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Huruf Pada Anak Kelompok B Di Ra Amanah Damaran Klaten Selatan Klaten Tahun Ajaran 2011/2012
Main Author: | Rohmatun, Asih Murniati |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/17893/1/2.HALAMAN__DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17893/2/3.BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/17893/3/4.BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/17893/4/5.BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/17893/5/6.BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/17893/6/7.BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/17893/7/8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/17893/8/9.Lampiran-lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/17893/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk memperoleh cara penerapan media kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di RA AMANAH Damaran dan untuk mengetahui seberapa besar keberhasilan penerapan dengan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan anak kelompok B di RA AMANAH Damaran klaten. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan kepala sekolah. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif dengan tiga siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B di RA AMANAH Damaran Klaten Selatan melalui media kartu huruf, sebeum tindakan sampai siklus III yaitu sebelum tindakan 40%, siklus I 60, 20 %, siklus II 73,33%, siklus III 86,66%. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B di RA AMANAH Damaran Klaten Selatan.