Peningkatan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Question Materi Sistem Pernapasan Pada Siswa Kelas Viii E Smp Negeri 1 Nogosari Tahun Ajaran 2011/2012

Main Author: KUSUMANINGAYU , FITRIANA
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/17882/1/02._Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17882/3/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17882/4/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17882/6/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17882/9/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17882/13/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17882/14/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17882/18/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17882/
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang timbul dalam proses pembelajaran adalah kurangnya penggunaan variasi strategi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Biologi pada materi sistem pernapasan dengan penggunaan strategi Learning Starts with a Question siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Nogosari tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan strategi Learning Starts with a Question yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan dengan penilaian kognitif dan afektif dalam setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kognitif siswa pada siklus I meningkat menjadi 65,5 dari nilai awal sebesar 64,25; sedangkan nilai rata-rata afektif sebesar 12,42 (termasuk kategori cukup berminat). Nilai rata-rata kognitif pada siklus II meningkat menjadi 72,63 dari siklus I yang hanya 65,5; sedangkan nilai rata-rata afektif meningkat menjadi 14,59 (termasuk kategori berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi Learning Starts with a Question praktikum dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Nogosari tahun ajaran 2011/2012.