Upaya Meningkatkan Keterampilan Bercerita Melalui Contextual teaching & Learning (CTL) di Taman Kanak-Kanak Pertiwi 1 Ngrundul Kelompok B Tahun Pelajaran 2011/2012
Main Author: | Kurniawati, Ari Hastuti |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/17869/1/Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/17869/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/17869/6/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/17869/7/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/17869/11/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/17869/13/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/17869/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/17869/19/LAMPIRAN_-_LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17869/ |
ctrlnum |
17869 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/17869/</relation><title>Upaya Meningkatkan Keterampilan Bercerita Melalui Contextual teaching & Learning (CTL) di Taman Kanak-Kanak Pertiwi 1 Ngrundul Kelompok B Tahun Pelajaran 2011/2012,</title><creator>Kurniawati, Ari Hastuti </creator><subject>LC Special aspects of education</subject><description>Permasalahan dapat dirumuskan yaitu Apakah melalui penerapan metode
Contextual Teaching & Learning (CTL) dapat meningkatkan keterampilan bercerita
pada anak kelompok B TK Pertiwi I Ngrundul Kebonarum, Klaten tahun pelajaran
2011/2012? Tujuan penelitian adalah ingin mendiskripsikan peningkatan
keterampilan bercerita melalui Contextual Teaching & Learning (CTL) pada anak
kelompok Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Ngrundul, Kebonarum, Klaten tahun
2011/2012.
Tindakan dilakukan pada bulan Januari 2012 hingga Februari 2012, dengan
jumlah sampel 19 terdiri dari 7 laki-laki dan 12 perempuan. Metode pengumpulan
data adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik
analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif
yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dilakukan
dalam bentuk interaktif dengan pengumpulan data sebagai suatu proses siklus.
Hasil penelitian berupa kesimpulan sbb: melalui penerapan metode
Contextual Teaching & Learning (CTL) dapat meningkatkan keterampilan bercerita
pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak Pertiwi Ngrundul 1 Kebonarum, Klaten
tahun pelajaran 2011/2012 dapat meningkat. Hal ini dibuktikan dengan (1) hasil
pembelajaran pada kondisi awal keberhasilan klasikal hanya 10,5% atau terdapat 2
anak yang dapat bercerita tentang suatu hal dengan lancar. (2) pada siklus I
Keberhasilan secara klasikal sebesar 57,9% berarti naik 47,4% dari kondisi awal
yang hanya 10,5%, dan (3) pada siklus akhir/ siklus II yang menunjukkan bahwa
keberhaslan secara klasikal mencapai 89,5%, padahal indikator keberhasilan yang
ditentukan adalah 80%. Disamping indikator keberhasilan tercapai, dalam
pembelajaran bercerita, hampir semua anak 89,5% atau 17 anak dapat bercerita
tentang sesuatu hal dengan kata-katanya sendiri tanpa bantuan dari guru��</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17869/1/Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17869/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17869/6/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17869/7/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17869/11/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17869/13/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17869/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17869/19/LAMPIRAN_-_LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Kurniawati, Ari Hastuti (2012) Upaya Meningkatkan Keterampilan Bercerita Melalui Contextual teaching & Learning (CTL) di Taman Kanak-Kanak Pertiwi 1 Ngrundul Kelompok B Tahun Pelajaran 2011/2012,. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A53B090149</relation><recordID>17869</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Kurniawati, Ari Hastuti |
title |
Upaya Meningkatkan Keterampilan Bercerita Melalui Contextual teaching & Learning (CTL) di Taman Kanak-Kanak Pertiwi 1 Ngrundul Kelompok B Tahun Pelajaran 2011/2012 |
publishDate |
2012 |
topic |
LC Special aspects of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/17869/1/Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/17869/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/17869/6/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/17869/7/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/17869/11/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/17869/13/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/17869/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/17869/19/LAMPIRAN_-_LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17869/ |
contents |
Permasalahan dapat dirumuskan yaitu Apakah melalui penerapan metode
Contextual Teaching & Learning (CTL) dapat meningkatkan keterampilan bercerita
pada anak kelompok B TK Pertiwi I Ngrundul Kebonarum, Klaten tahun pelajaran
2011/2012? Tujuan penelitian adalah ingin mendiskripsikan peningkatan
keterampilan bercerita melalui Contextual Teaching & Learning (CTL) pada anak
kelompok Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Ngrundul, Kebonarum, Klaten tahun
2011/2012.
Tindakan dilakukan pada bulan Januari 2012 hingga Februari 2012, dengan
jumlah sampel 19 terdiri dari 7 laki-laki dan 12 perempuan. Metode pengumpulan
data adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik
analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif
yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dilakukan
dalam bentuk interaktif dengan pengumpulan data sebagai suatu proses siklus.
Hasil penelitian berupa kesimpulan sbb: melalui penerapan metode
Contextual Teaching & Learning (CTL) dapat meningkatkan keterampilan bercerita
pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak Pertiwi Ngrundul 1 Kebonarum, Klaten
tahun pelajaran 2011/2012 dapat meningkat. Hal ini dibuktikan dengan (1) hasil
pembelajaran pada kondisi awal keberhasilan klasikal hanya 10,5% atau terdapat 2
anak yang dapat bercerita tentang suatu hal dengan lancar. (2) pada siklus I
Keberhasilan secara klasikal sebesar 57,9% berarti naik 47,4% dari kondisi awal
yang hanya 10,5%, dan (3) pada siklus akhir/ siklus II yang menunjukkan bahwa
keberhaslan secara klasikal mencapai 89,5%, padahal indikator keberhasilan yang
ditentukan adalah 80%. Disamping indikator keberhasilan tercapai, dalam
pembelajaran bercerita, hampir semua anak 89,5% atau 17 anak dapat bercerita
tentang sesuatu hal dengan kata-katanya sendiri tanpa bantuan dari guru�� |
id |
IOS2728.17869 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:41:45Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:41:46Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810597522309120 |
score |
17.538404 |