Upaya Meningkatkan Keterampilan Bercerita Melalui Contextual teaching & Learning (CTL) di Taman Kanak-Kanak Pertiwi 1 Ngrundul Kelompok B Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Kurniawati, Ari Hastuti
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/17869/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17869/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17869/6/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17869/7/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17869/11/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17869/13/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17869/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17869/19/LAMPIRAN_-_LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17869/
ctrlnum 17869
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/17869/</relation><title>Upaya Meningkatkan Keterampilan Bercerita Melalui Contextual teaching &amp; Learning (CTL) di Taman Kanak-Kanak Pertiwi 1 Ngrundul Kelompok B Tahun Pelajaran 2011/2012,</title><creator>Kurniawati, Ari Hastuti </creator><subject>LC Special aspects of education</subject><description>Permasalahan dapat dirumuskan yaitu Apakah melalui penerapan metode&#xD; Contextual Teaching &amp; Learning (CTL) dapat meningkatkan keterampilan bercerita&#xD; pada anak kelompok B TK Pertiwi I Ngrundul Kebonarum, Klaten tahun pelajaran&#xD; 2011/2012? Tujuan penelitian adalah ingin mendiskripsikan peningkatan&#xD; keterampilan bercerita melalui Contextual Teaching &amp; Learning (CTL) pada anak&#xD; kelompok Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Ngrundul, Kebonarum, Klaten tahun&#xD; 2011/2012.&#xD; Tindakan dilakukan pada bulan Januari 2012 hingga Februari 2012, dengan&#xD; jumlah sampel 19 terdiri dari 7 laki-laki dan 12 perempuan. Metode pengumpulan&#xD; data adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik&#xD; analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif&#xD; yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dilakukan&#xD; dalam bentuk interaktif dengan pengumpulan data sebagai suatu proses siklus.&#xD; Hasil penelitian berupa kesimpulan sbb: melalui penerapan metode&#xD; Contextual Teaching &amp; Learning (CTL) dapat meningkatkan keterampilan bercerita&#xD; pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak Pertiwi Ngrundul 1 Kebonarum, Klaten&#xD; tahun pelajaran 2011/2012 dapat meningkat. Hal ini dibuktikan dengan (1) hasil&#xD; pembelajaran pada kondisi awal keberhasilan klasikal hanya 10,5% atau terdapat 2&#xD; anak yang dapat bercerita tentang suatu hal dengan lancar. (2) pada siklus I&#xD; Keberhasilan secara klasikal sebesar 57,9% berarti naik 47,4% dari kondisi awal&#xD; yang hanya 10,5%, dan (3) pada siklus akhir/ siklus II yang menunjukkan bahwa&#xD; keberhaslan secara klasikal mencapai 89,5%, padahal indikator keberhasilan yang&#xD; ditentukan adalah 80%. Disamping indikator keberhasilan tercapai, dalam&#xD; pembelajaran bercerita, hampir semua anak 89,5% atau 17 anak dapat bercerita&#xD; tentang sesuatu hal dengan kata-katanya sendiri tanpa bantuan dari guru&#xFFFD;&#xFFFD;</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17869/1/Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17869/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17869/6/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17869/7/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17869/11/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17869/13/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17869/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17869/19/LAMPIRAN_-_LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Kurniawati, Ari Hastuti (2012) Upaya Meningkatkan Keterampilan Bercerita Melalui Contextual teaching &amp; Learning (CTL) di Taman Kanak-Kanak Pertiwi 1 Ngrundul Kelompok B Tahun Pelajaran 2011/2012,. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A53B090149</relation><recordID>17869</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Kurniawati, Ari Hastuti
title Upaya Meningkatkan Keterampilan Bercerita Melalui Contextual teaching & Learning (CTL) di Taman Kanak-Kanak Pertiwi 1 Ngrundul Kelompok B Tahun Pelajaran 2011/2012
publishDate 2012
topic LC Special aspects of education
url http://eprints.ums.ac.id/17869/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17869/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17869/6/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17869/7/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17869/11/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17869/13/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17869/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17869/19/LAMPIRAN_-_LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17869/
contents Permasalahan dapat dirumuskan yaitu Apakah melalui penerapan metode Contextual Teaching & Learning (CTL) dapat meningkatkan keterampilan bercerita pada anak kelompok B TK Pertiwi I Ngrundul Kebonarum, Klaten tahun pelajaran 2011/2012? Tujuan penelitian adalah ingin mendiskripsikan peningkatan keterampilan bercerita melalui Contextual Teaching & Learning (CTL) pada anak kelompok Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Ngrundul, Kebonarum, Klaten tahun 2011/2012. Tindakan dilakukan pada bulan Januari 2012 hingga Februari 2012, dengan jumlah sampel 19 terdiri dari 7 laki-laki dan 12 perempuan. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dilakukan dalam bentuk interaktif dengan pengumpulan data sebagai suatu proses siklus. Hasil penelitian berupa kesimpulan sbb: melalui penerapan metode Contextual Teaching & Learning (CTL) dapat meningkatkan keterampilan bercerita pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak Pertiwi Ngrundul 1 Kebonarum, Klaten tahun pelajaran 2011/2012 dapat meningkat. Hal ini dibuktikan dengan (1) hasil pembelajaran pada kondisi awal keberhasilan klasikal hanya 10,5% atau terdapat 2 anak yang dapat bercerita tentang suatu hal dengan lancar. (2) pada siklus I Keberhasilan secara klasikal sebesar 57,9% berarti naik 47,4% dari kondisi awal yang hanya 10,5%, dan (3) pada siklus akhir/ siklus II yang menunjukkan bahwa keberhaslan secara klasikal mencapai 89,5%, padahal indikator keberhasilan yang ditentukan adalah 80%. Disamping indikator keberhasilan tercapai, dalam pembelajaran bercerita, hampir semua anak 89,5% atau 17 anak dapat bercerita tentang sesuatu hal dengan kata-katanya sendiri tanpa bantuan dari guru��
id IOS2728.17869
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:41:45Z
last_indexed 2016-09-22T02:41:46Z
recordtype dc
_version_ 1765810597522309120
score 17.538404