Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok A Di Tk Aba Karangmalang Masaran Sragen Tahun 2012
Main Author: | Yuniawati, Ratih |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/17866/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17866/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/17866/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/17866/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/17866/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/17866/8/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/17866/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/17866/12/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17866/ |
ctrlnum |
17866 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/17866/</relation><title>Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok A Di Tk Aba Karangmalang Masaran Sragen Tahun 2012 
</title><creator>Yuniawati, Ratih</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan dan mendeskripsikan pembelajaran menulis permulaan pada (1) anak kelompok A di TK ABA Karangmalang. Data penelitian dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan perbandingan tetap. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis permulaan pada (2) anak kelompok A di TK ABA Karangmalang melalui metode demonstrasi. Ini dapat dilihat pada (3) Peningkatan persentase pencapaian skor Kriteria Ketuntasan Minimal 3.0 oleh peserta didik dari satu tahap ke tahap berikutnya. Perubahan persentase pencapaian skor Kriteria
Ketuntasan Minimal anak pada pra tindakan, tindakan siklus I, II, dan III adalah 40%, 53.33%, 66.67%, dan 86.67% atau dari 6 anak, 8 anak, 10 anak, dan 13 anak. Oleh karena itu disarankan kepada guru TK dapat diterapkan metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17866/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17866/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17866/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17866/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17866/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17866/8/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17866/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17866/12/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Yuniawati, Ratih (2012) Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok A Di Tk Aba Karangmalang Masaran Sragen Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A520080337</relation><recordID>17866</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Yuniawati, Ratih |
title |
Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok A Di Tk Aba Karangmalang Masaran Sragen Tahun 2012 |
publishDate |
2012 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/17866/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17866/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/17866/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/17866/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/17866/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/17866/8/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/17866/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/17866/12/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17866/ |
contents |
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan dan mendeskripsikan pembelajaran menulis permulaan pada (1) anak kelompok A di TK ABA Karangmalang. Data penelitian dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan perbandingan tetap. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis permulaan pada (2) anak kelompok A di TK ABA Karangmalang melalui metode demonstrasi. Ini dapat dilihat pada (3) Peningkatan persentase pencapaian skor Kriteria Ketuntasan Minimal 3.0 oleh peserta didik dari satu tahap ke tahap berikutnya. Perubahan persentase pencapaian skor Kriteria
Ketuntasan Minimal anak pada pra tindakan, tindakan siklus I, II, dan III adalah 40%, 53.33%, 66.67%, dan 86.67% atau dari 6 anak, 8 anak, 10 anak, dan 13 anak. Oleh karena itu disarankan kepada guru TK dapat diterapkan metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan. |
id |
IOS2728.17866 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:41:45Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:41:46Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810597510774784 |
score |
17.538404 |