Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Mengenal Konsep-konsep Sederhana Melalui Bermain Tebak-tebakan (Penelitian Pada Kelompok B TK Pertiwi Banyuaeng Kabupaten Klaten Tahun 2011/2012)
Main Author: | TRI WULANDARI, YENI |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/17831/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17831/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/17831/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/17831/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/17831/8/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/17831/10/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/17831/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/17831/21/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17831/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam bmengenal konsep-konsep sederhana melalui bermain tebak-tebakan pada kelompok B TK Pertiwi Banyuaeng Kabupaten Klaten Tahun 2011/2012. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan TK Pertiwi Banyuaeng, subyek penelitian adalah anak TK Pertiwi Banyuaeng yang berjumlah 14 anak. Data kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep-konsep sederhana dikumpulkan melalui observasi. Pelaksanaan bermain tebak-tebakan dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Data dianalisis dengan analisis komparatif yaitu membandingkan hasil capaian anak dengan indikator yang ditargetkan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep-konsep sederhana melalui bermain tebak-tebakan. Hal ini diketahui dari hasil pada setiap siklus yaitu Siklus I 65,75%, Siklus II 73,85%, dan Siklus III 87,32%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif dalam mengenal konsep-konsep sederhana dapat meningkat dengan bermain tebak-tebakan.