EFEKTIFITAS PENGGUNAAN STRATEGI KONSTEKTUAL DALAM UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL (PTK di Kelas VII SMP Negeri 2 Geyer)

Main Author: WIGASARI, DIAH AYU
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/17823/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17823/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17823/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17823/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17823/10/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17823/12/BAB_V%2C.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17823/16/Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17823/23/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17823/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan efektifitas penggunaan strategi konstektual dalam upaya peningkatan motivasi belajar matematika. Pendekatan penelitian adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Geyer, yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator banyaknya siswa yang antusias dalam: a) persiapan dalam mengikuti pembelajaran, sebelum tindakan 33,33%, putaran I 56,66%, dan putaran II 76,66%, b) belajar kelompok sebelum tindakan 26,66%, putaran I 50%, dan putaran II 73,33% , c) menanggapi atau mengajukan pertanyaan, sebelum tindakan 6,66%, putaran I 10%, dan putaran II 23,33%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi kontekstual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.