Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 04 Karangbangun Matesih Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Nuryani, Fitri
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/17821/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17821/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17821/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17821/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17821/8/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17821/15/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17821/18/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17821/23/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17821/
ctrlnum 17821
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/17821/</relation><title>Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 04 Karangbangun Matesih Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012</title><creator>Nuryani, Fitri</creator><subject>LC Special aspects of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa&#xD; kelas IV SD Negeri 04 Karangbangun dengan pembelajaran metode demonstrasi.&#xD; Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan&#xD; model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu : perencanaan,&#xD; pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sebagai subjeknya adalah siswa&#xD; dan guru kelas IV SD Negeri 04 Karangbangun Kecamatan Matesih Kabupaten&#xD; Karanganyar yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan&#xD; adalah observasi, pencatatan arsip, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang&#xD; digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga komponen yaitu&#xD; reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, ada peningkatan&#xD; hasil belajar IPA tentang mendeskripsikan bagian-bagian bunga setelah diadakan&#xD; tindakan kelas dengan penerapan pembelajaran metode demonstrasi.. Hal itu dapat&#xD; ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar pada setiap siklusnya. Pada pra&#xD; siklus nilai rata-rata siswa 57,9 dan siklus I mengalami peningkatan niai rata-rata&#xD; siswa 62,7 pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 70,8. Dengan demikian,&#xD; dapat diajukan kesimpulan bahwa pembelajaran IPA dengan penerapan&#xD; pembelajaran metode demonstrasi.dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada&#xD; siswa kelas IV SD Negeri 04 Karangbangun Kecamatan Matesih Kabupaten&#xD; Karanganyar</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17821/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17821/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17821/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17821/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17821/8/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17821/15/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17821/18/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17821/23/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Nuryani, Fitri (2012) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 04 Karangbangun Matesih Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510081031</relation><recordID>17821</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Nuryani, Fitri
title Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 04 Karangbangun Matesih Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012
publishDate 2012
topic LC Special aspects of education
url http://eprints.ums.ac.id/17821/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17821/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17821/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17821/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17821/8/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17821/15/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17821/18/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17821/23/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17821/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 04 Karangbangun dengan pembelajaran metode demonstrasi. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sebagai subjeknya adalah siswa dan guru kelas IV SD Negeri 04 Karangbangun Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pencatatan arsip, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, ada peningkatan hasil belajar IPA tentang mendeskripsikan bagian-bagian bunga setelah diadakan tindakan kelas dengan penerapan pembelajaran metode demonstrasi.. Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar pada setiap siklusnya. Pada pra siklus nilai rata-rata siswa 57,9 dan siklus I mengalami peningkatan niai rata-rata siswa 62,7 pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 70,8. Dengan demikian, dapat diajukan kesimpulan bahwa pembelajaran IPA dengan penerapan pembelajaran metode demonstrasi.dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 04 Karangbangun Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar
id IOS2728.17821
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:41:42Z
last_indexed 2016-09-22T02:41:45Z
recordtype dc
_version_ 1765810597102878720
score 17.538404