Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Metode Pembelajaran Planted Questions Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kenokorejo 1 Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012

Main Author: Rahayu, Fitri
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/17819/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17819/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17819/3/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17819/4/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17819/5/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17819/6/07._BAB_V_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17819/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17819/8/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17819/
ctrlnum 17819
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/17819/</relation><title>Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Metode Pembelajaran Planted Questions Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kenokorejo 1 Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo Tahun&#xD; Ajaran 2011/2012&#xD; &#xD; </title><creator>Rahayu, Fitri</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia dan secara khusus untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia setelah menggunakan metode pembelajaran planted questions pada siswa kelas V SD Negeri Kenokorejo 1 Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK)&#xD; yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru. Subjek penelitian yang&#xD; dikenai tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kenokorejo 1 yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data&#xD; digunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Data dianalisis dengan model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar dalam pelajaran bahasa Indonesia. Sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh nilai rata-rata 60,25 dengan ketuntasan belajar 45%, pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 69,55 dengan ketuntasan belajar 70%, dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar yang cukup signifikan dengan nilai rata-rata 81,05 dan ketuntasan belajar 89,47%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode planted questions dapat meningkatkan hasil belajar&#xD; Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri Kenokorejo 1 Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012. </description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17819/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17819/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17819/3/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17819/4/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17819/5/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17819/6/07._BAB_V_.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17819/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17819/8/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Rahayu, Fitri (2012) Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Metode Pembelajaran Planted Questions Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kenokorejo 1 Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510080254</relation><recordID>17819</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Rahayu, Fitri
title Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Metode Pembelajaran Planted Questions Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kenokorejo 1 Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/17819/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17819/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17819/3/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17819/4/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17819/5/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17819/6/07._BAB_V_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17819/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17819/8/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17819/
contents Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia dan secara khusus untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia setelah menggunakan metode pembelajaran planted questions pada siswa kelas V SD Negeri Kenokorejo 1 Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru. Subjek penelitian yang dikenai tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kenokorejo 1 yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data digunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Data dianalisis dengan model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar dalam pelajaran bahasa Indonesia. Sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh nilai rata-rata 60,25 dengan ketuntasan belajar 45%, pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 69,55 dengan ketuntasan belajar 70%, dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar yang cukup signifikan dengan nilai rata-rata 81,05 dan ketuntasan belajar 89,47%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode planted questions dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri Kenokorejo 1 Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012.
id IOS2728.17819
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:41:42Z
last_indexed 2016-09-22T02:41:45Z
recordtype dc
_version_ 1765810597095538688
score 17.538404