Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Metode Course Review Hoeay Pada Siswa Kelas IV SD Negeri O1 Dawung Kecamatan Matesih Karanganyar Tahun Pelajaran 2011-2012

Main Author: Astuti, Vitri
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/17813/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17813/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17813/3/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17813/4/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17813/5/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17813/6/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17813/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17813/8/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17813/
ctrlnum 17813
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/17813/</relation><title>Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Metode Course Review Hoeay Pada Siswa Kelas IV SD Negeri O1 Dawung Kecamatan Matesih Karanganyar Tahun Pelajaran 2011-2012</title><creator>Astuti, Vitri</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah pembelajaran&#xD; kooperatif metode Course Review Horay mampu meningkatkan aktivitas dan&#xD; hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Dawung Kecamatan&#xD; Matesih Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011-2012. Penelitian ini&#xD; dilaksanakan selama 4 bulan mulai bulan Desember 2011 sampai bulan Maret&#xD; 2012 pada siswa kelas IV SDN 01 Dawung yang berjumah 16 orang, 9 anak lakilaki&#xD; dan 7 anak perempuan dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas&#xD; yang terdiri atas dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan&#xD; (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi&#xD; (reflecting).&#xD; Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan menerapkan&#xD; pembelajaran kooperatif metode Course Review Horay mampu meningkatkan&#xD; aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01&#xD; Dawung Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011-2012.&#xD; Peningkatan aktivitas dan hasil belajar terjadi pada siklus I, dan II Secara klasikal&#xD; keaktifan siswa pada siklus I mencapai 65% sedangkan siklus II mencapai&#xD; 76,30% atau meningkat sebesar 11,30% dari siklus I. Sedang perolehan nilai ratarata&#xD; pada kondisi prasiklus 60 meningkat menjadi 67,5 di siklus I dengan&#xD; ketuntasan belajar siswa secara klasikal 68,75 % (11 siswa) meningkat 37,5% dari&#xD; kondisi prasiklus, pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara&#xD; klasikal 87,5% (14 siswa) meningkat 18,75% dari hasil belajar siklus I dengan&#xD; perolehan nilai rata-rata 77,81.sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan&#xD; menggunakan metode pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan&#xD; aktivitas dan hasil belajar IPA kelas IV SDN 01 Dawung.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17813/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17813/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17813/3/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17813/4/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17813/5/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17813/6/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17813/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17813/8/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Astuti, Vitri (2012) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Metode Course Review Hoeay Pada Siswa Kelas IV SD Negeri O1 Dawung Kecamatan Matesih Karanganyar Tahun Pelajaran 2011-2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510081061</relation><recordID>17813</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Astuti, Vitri
title Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Metode Course Review Hoeay Pada Siswa Kelas IV SD Negeri O1 Dawung Kecamatan Matesih Karanganyar Tahun Pelajaran 2011-2012
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/17813/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17813/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17813/3/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17813/4/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17813/5/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17813/6/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17813/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17813/8/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17813/
contents Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif metode Course Review Horay mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Dawung Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011-2012. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 bulan mulai bulan Desember 2011 sampai bulan Maret 2012 pada siswa kelas IV SDN 01 Dawung yang berjumah 16 orang, 9 anak lakilaki dan 7 anak perempuan dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan menerapkan pembelajaran kooperatif metode Course Review Horay mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Dawung Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011-2012. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar terjadi pada siklus I, dan II Secara klasikal keaktifan siswa pada siklus I mencapai 65% sedangkan siklus II mencapai 76,30% atau meningkat sebesar 11,30% dari siklus I. Sedang perolehan nilai ratarata pada kondisi prasiklus 60 meningkat menjadi 67,5 di siklus I dengan ketuntasan belajar siswa secara klasikal 68,75 % (11 siswa) meningkat 37,5% dari kondisi prasiklus, pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal 87,5% (14 siswa) meningkat 18,75% dari hasil belajar siklus I dengan perolehan nilai rata-rata 77,81.sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA kelas IV SDN 01 Dawung.
id IOS2728.17813
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:41:41Z
last_indexed 2016-09-22T02:41:42Z
recordtype dc
_version_ 1765810597075615744
score 17.538404