Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Metode Course Review Hoeay Pada Siswa Kelas IV SD Negeri O1 Dawung Kecamatan Matesih Karanganyar Tahun Pelajaran 2011-2012
Main Author: | Astuti, Vitri |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/17813/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17813/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/17813/3/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/17813/4/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/17813/5/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/17813/6/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/17813/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/17813/8/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17813/ |
ctrlnum |
17813 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/17813/</relation><title>Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Metode Course Review Hoeay Pada Siswa Kelas IV SD Negeri O1 Dawung Kecamatan Matesih Karanganyar Tahun Pelajaran 2011-2012</title><creator>Astuti, Vitri</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah pembelajaran
kooperatif metode Course Review Horay mampu meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Dawung Kecamatan
Matesih Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011-2012. Penelitian ini
dilaksanakan selama 4 bulan mulai bulan Desember 2011 sampai bulan Maret
2012 pada siswa kelas IV SDN 01 Dawung yang berjumah 16 orang, 9 anak lakilaki
dan 7 anak perempuan dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas
yang terdiri atas dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan
(planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi
(reflecting).
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan menerapkan
pembelajaran kooperatif metode Course Review Horay mampu meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01
Dawung Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011-2012.
Peningkatan aktivitas dan hasil belajar terjadi pada siklus I, dan II Secara klasikal
keaktifan siswa pada siklus I mencapai 65% sedangkan siklus II mencapai
76,30% atau meningkat sebesar 11,30% dari siklus I. Sedang perolehan nilai ratarata
pada kondisi prasiklus 60 meningkat menjadi 67,5 di siklus I dengan
ketuntasan belajar siswa secara klasikal 68,75 % (11 siswa) meningkat 37,5% dari
kondisi prasiklus, pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara
klasikal 87,5% (14 siswa) meningkat 18,75% dari hasil belajar siklus I dengan
perolehan nilai rata-rata 77,81.sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan metode pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar IPA kelas IV SDN 01 Dawung.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17813/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17813/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17813/3/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17813/4/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17813/5/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17813/6/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17813/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17813/8/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Astuti, Vitri (2012) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Metode Course Review Hoeay Pada Siswa Kelas IV SD Negeri O1 Dawung Kecamatan Matesih Karanganyar Tahun Pelajaran 2011-2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510081061</relation><recordID>17813</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Astuti, Vitri |
title |
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Metode Course Review Hoeay Pada Siswa Kelas IV SD Negeri O1 Dawung Kecamatan Matesih Karanganyar Tahun Pelajaran 2011-2012 |
publishDate |
2012 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/17813/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17813/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/17813/3/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/17813/4/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/17813/5/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/17813/6/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/17813/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/17813/8/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17813/ |
contents |
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah pembelajaran
kooperatif metode Course Review Horay mampu meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Dawung Kecamatan
Matesih Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011-2012. Penelitian ini
dilaksanakan selama 4 bulan mulai bulan Desember 2011 sampai bulan Maret
2012 pada siswa kelas IV SDN 01 Dawung yang berjumah 16 orang, 9 anak lakilaki
dan 7 anak perempuan dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas
yang terdiri atas dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan
(planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi
(reflecting).
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan menerapkan
pembelajaran kooperatif metode Course Review Horay mampu meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01
Dawung Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011-2012.
Peningkatan aktivitas dan hasil belajar terjadi pada siklus I, dan II Secara klasikal
keaktifan siswa pada siklus I mencapai 65% sedangkan siklus II mencapai
76,30% atau meningkat sebesar 11,30% dari siklus I. Sedang perolehan nilai ratarata
pada kondisi prasiklus 60 meningkat menjadi 67,5 di siklus I dengan
ketuntasan belajar siswa secara klasikal 68,75 % (11 siswa) meningkat 37,5% dari
kondisi prasiklus, pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara
klasikal 87,5% (14 siswa) meningkat 18,75% dari hasil belajar siklus I dengan
perolehan nilai rata-rata 77,81.sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan metode pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar IPA kelas IV SDN 01 Dawung. |
id |
IOS2728.17813 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:41:41Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:41:42Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810597075615744 |
score |
17.538404 |