Pengaruh Relationship Marketing Tehadap Customer Retention Orientation
Main Author: | WALUYO, AGUS |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/17767/1/02._Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/17767/3/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/17767/4/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/17767/5/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/17767/6/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/17767/16/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/17767/18/08._Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/17767/20/09._Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/17767/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP CUSTOMER RETENTION ORIENTATION. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat memberikan masukan-masukan atau informasi bagi PT. BMI syariah untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam usaha mempertahankan nasabah atau meningkatkan kinerja dari PT. BMI syariah di masa yang akan datang. Sampel dari penelitian ini diambil dari nasabah aktif dan perorangan dari PT. BMI syariah di wilayah solo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan cara survey untuk mengambil sampel dari populasi dan kuesioner untuk mengumpulkan data utama. Sedangkan untuk menentukan sampel atau jumlah responden adalah dengan menggunakan rumus Slovin dengan metode purposive sampling dengan mempertimbangkan kriteria-kriteria tertentu dan metode convenience sampling yang dipilih dengan pertimbangan kemudahan, berdasar rumus Slovin tersebut jumlah sampel penelitian ini diambil 100 nasabah dari PT. BMI diwilayah solo, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda yang digunakan untuk memprediksi hubungan antar variabel. Berdasarkan hasil analisis uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 17,765>2,09 dengan probabilitas sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak berarti menerima Ha, hal ini berarti bahwa relationship marketing yang terdiri dari belonging, communication, customization, differentiation, per-sonalization, rewarding, security and convenience secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap customer retention orientation nasabah aktif dan perorangan dari PT. BMI Syariah di Kota Solo dengan koefisien determinasi atau R2 sebesar 0,575. Hal ini berarti variasi perubahan pada customer retention orientation nasabah aktif dan perorangan dari PT. BMI Syariah di Kota Solo 57,5% dapat dijelaskan oleh perubahan pada relationship marketing yang terdiri dari belonging, communication, customization, differentiation, personalization, rewarding, security and convenience. Sementara sisanya sebesar 42,5% diterangkan oleh faktor lain yang tidak ikut terobservasi