Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Melalui Media Wayang Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri I Tambak Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012

Main Author: NUR WAHYUNINGSIH, ATIK
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/17732/1/1._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17732/4/2._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17732/6/3._Bab_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17732/10/4._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17732/13/5._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17732/15/6._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17732/18/7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17732/20/8._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17732/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyimak cerita melalui media wayang siswa kelas V SD Negeri I Tambak tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri I Tambak yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menyimak cerita melalui media wayang. Pada siklus I ada peningkatan kemampuan menyimak cerita dari rata-rata 56,05 menjadi 68,31. Pada siklus II terjadi peningkatan dari rata-rata 68,31 menjadi 75,52. Hasil belajar siswa sebelum tindakan yang mencapai KKM adalah 36,84%. Pada siklus I meningkat menjadi 57,9%, dan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 89,48%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui penggunaan media wayang dapat meningkatkan kemampuan menyimak cerita dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri I Tambak, Mojosongo, Boyolali tahun ajaran 2011/2012. Kata Kunci : Menyimak Cerita, Media Wayang