Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kelompok Bongkar Pasang Bagi Siswa Kelas V SD N I Ngemplak Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Ningsih, Ambar Wahyu
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/17583/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17583/2/BAB_1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17583/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17583/9/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17583/11/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17583/13/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17583/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17583/20/Lampiran_-_Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17583/
ctrlnum 17583
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/17583/</relation><title>Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kelompok Bongkar Pasang Bagi Siswa Kelas V SD N I Ngemplak Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012</title><creator>Ningsih, Ambar Wahyu</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Ngemplak dalam pembelajaran IPS melalui model Pembelajaran Kelompok Bongkar Pasang. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitian ini di SD Negeri 1 Ngemplak Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa, terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan, dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti. Metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi sumber, yaitu mencocokkan data hasil belajar siswa dengan hasil pengamatan langsung terhadap aktivitas belajar siswa. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.&#xD; Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui Model Pembelajaran Kelompok Bongkar Pasang. Hal ini dapat dilihat pada pra siklus rata-rata kelas 62,5, siswa yang mencapai KKM 6 (30%); pada siklus I meningkat nilai rata-rata kelas menjadi 68,475 siswa yang mencapai KKM 14 (70%); pada siklus II meningkat nilai rata-rata kelas menjadi 76,7, siswa yang mencapai KKM 18 (90%).&#xD; Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan Model Pembelajaran Kelompok Bongkar Pasang dapat meningkatkan hasil belajar IPS bagi siswa kelas V SD Negeri 1 Ngemplak kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17583/1/Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17583/2/BAB_1.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17583/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17583/9/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17583/11/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17583/13/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17583/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17583/20/Lampiran_-_Lampiran.pdf</identifier><identifier> Ningsih, Ambar Wahyu (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kelompok Bongkar Pasang Bagi Siswa Kelas V SD N I Ngemplak Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510080191</relation><recordID>17583</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Ningsih, Ambar Wahyu
title Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kelompok Bongkar Pasang Bagi Siswa Kelas V SD N I Ngemplak Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/17583/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17583/2/BAB_1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17583/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17583/9/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17583/11/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17583/13/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17583/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17583/20/Lampiran_-_Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17583/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Ngemplak dalam pembelajaran IPS melalui model Pembelajaran Kelompok Bongkar Pasang. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitian ini di SD Negeri 1 Ngemplak Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa, terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan, dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti. Metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi sumber, yaitu mencocokkan data hasil belajar siswa dengan hasil pengamatan langsung terhadap aktivitas belajar siswa. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui Model Pembelajaran Kelompok Bongkar Pasang. Hal ini dapat dilihat pada pra siklus rata-rata kelas 62,5, siswa yang mencapai KKM 6 (30%); pada siklus I meningkat nilai rata-rata kelas menjadi 68,475 siswa yang mencapai KKM 14 (70%); pada siklus II meningkat nilai rata-rata kelas menjadi 76,7, siswa yang mencapai KKM 18 (90%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan Model Pembelajaran Kelompok Bongkar Pasang dapat meningkatkan hasil belajar IPS bagi siswa kelas V SD Negeri 1 Ngemplak kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012.
id IOS2728.17583
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:41:30Z
last_indexed 2016-09-22T02:41:31Z
recordtype dc
_version_ 1765810595750215680
score 17.538404