Penggunaan Metode Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 03 Ngargoyoso Karanganyar

Main Author: Lestari, Sri
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/17581/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17581/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17581/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17581/10/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17581/11/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17581/13/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17581/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17581/20/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17581/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika di kelas V SD Negeri 03 Ngargoyoso, Karanganyar dengan metode group investigation (GI). Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 03 Ngargoyoso, Karanganyar yang berjumlah 25 anak. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, tes, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yag mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui metode Group Investigation (GI) efektif meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa kelas V SD Negeri 03 Ngargoyoso, Karanganyar. Hal ini terbukti pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata siswa 61,8 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 56% siklus I nilai rata-rata kelas 66,16% dengan persentasi ketuntasan kalsikal 76% dan siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 71,96 dengan persentasi ketuntasan klasikal sebesar 84%. Dengan demikian, dapat disajikan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan metode group investigation (GI) dapat meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita matematika kelas V SD Negeri 03 Ngargoyoso, Karanganyar.