Daftar Isi:
  • Tujuan penelitan ini adalah (1) Mendiskripsikan bentuk-bentuk tindak tutur direktif meminta anak TK dalam proses belajar-mengajar, (2) Mengetahui strategi tindak tutur direktif meminta anak TK dalam proses belajar-mengajar. Objek penelitian ini adalah tindak tutur direktif meminta anak TK dalam proses belajar-mengajar. Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan anak TK Aisyiah I Gumpang Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan teknik simak libat cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode padan dan metode baca markah. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) bentuk-bentuk realisasi tindak tutur direktif (directives) meminta pada proses belajar-mengajar anak TK Aisyiah I Gumpang Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo terdiri 2 jenis yaitu tindak tutur direktif meminta utama dan tindak tutur direktif meminta bawahan. Tindak tutur direktif meminta utama direalisasikan dalam 5 modus: a) Modus Meminta, Modus Merayu, c) Modus Mengajak, d) Modus Mengusulkan, e) Modus Membujuk. Tindak tutur direktif meminta bawahan direalisasikan dalam 2 modus: Modus Menyuruh, b) Modus Menawarkan. (2) Strategi tindak tutur direktif pada proses belajar-mengajar anak TK Aisyiah I Gumpang menggunakan strategi tindak tutur langsung dan tak langsung.