Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA PAda Materi Gaya Melalui Strategi Pembelajaran Yang Menyenangkan (Joyfull Learning) Pada Siswa Kelas VIIII B SMPLB YPSLB-C Kerten Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012
Main Author: | Wijayanti, Reny Dwi |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/17557/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17557/2/03._BAB_1.pdf http://eprints.ums.ac.id/17557/3/04.BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/17557/9/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/17557/13/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/17557/17/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/17557/18/08._DAFTAR_PUSTAKA_ok.pdf http://eprints.ums.ac.id/17557/22/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17557/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : motivasi dan hasil belajar IPA kelas VIIIB SMPLB YPSLB-C Kerten Surakarta pada materi Gaya, Tahun pelajaran 2011/2012 dengan menerapkan strategi pembelajaran yang menyenangkan (model Joyfull Learning). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran yang menyenangkan (model Joyfull Learning) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas adalah : 1) Peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I 40% meningkat menjadi 51,11% pada siklus II. 2) Hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I, 4 siswa (66,67%) yang mendapat nilai diatas ≥60. Pada siklus II meningkat menjadi 5 siswa (83,33%) mendapat nilai diatas KKM. 3) Hasil belajar afektif siswa pada siklus I mencapai 70,28% meningkat menjadi 80,14% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa: Penerapan strategi pembelajaran yang menyenangkan (Joyfull Learning) dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII B SMPLB YPSLB-C Kerten Surakarta tahun pelajaran 2011/2012.