Eksperimen Strategi contextual Teaching Learning dan Reciprocal Teaching Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Lingkaran Ditinjau Dari Motivasi Belajar Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Jatipurno (Tahun Ajaran 2011/2012)

Main Author: Darmadi, Darmadi
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/17555/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17555/3/03._BAB_1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17555/4/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17555/8/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17555/9/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17555/13/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17555/15/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17555/17/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17555/
ctrlnum 17555
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/17555/</relation><title>Eksperimen Strategi contextual Teaching Learning dan Reciprocal Teaching Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Lingkaran Ditinjau Dari Motivasi Belajar Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Jatipurno (Tahun Ajaran 2011/2012)</title><creator>Darmadi, Darmadi</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian, untuk menganalisis dan menguji, (1) pengaruh strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jatipurno yang berjumlah 114 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 54 siswa, yang terdiri dari 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan 27 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode lilliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh bahwa: (1) Terdapat pengaruh strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, ini berarti bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran CTL lebih baik daripada pembelajaran matematika dengan strategi pembelajaran Reciprocal Teaching, (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar, ini berarti bahwa semakin tinggi motivasi belajar siswa, maka semakin baik prestasi yang dicapai dan sebaliknya semakin rendah motivasi belajar siswa, maka semakin rendah pula prestasi belajarnya, (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17555/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17555/3/03._BAB_1.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17555/4/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17555/8/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17555/9/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17555/13/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17555/15/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17555/17/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Darmadi, Darmadi (2012) Eksperimen Strategi contextual Teaching Learning dan Reciprocal Teaching Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Lingkaran Ditinjau Dari Motivasi Belajar Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Jatipurno (Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410070203</relation><recordID>17555</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Darmadi, Darmadi
title Eksperimen Strategi contextual Teaching Learning dan Reciprocal Teaching Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Lingkaran Ditinjau Dari Motivasi Belajar Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Jatipurno (Tahun Ajaran 2011/2012)
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/17555/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17555/3/03._BAB_1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17555/4/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17555/8/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17555/9/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17555/13/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17555/15/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17555/17/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17555/
contents Tujuan penelitian, untuk menganalisis dan menguji, (1) pengaruh strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jatipurno yang berjumlah 114 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 54 siswa, yang terdiri dari 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan 27 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode lilliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh bahwa: (1) Terdapat pengaruh strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, ini berarti bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran CTL lebih baik daripada pembelajaran matematika dengan strategi pembelajaran Reciprocal Teaching, (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar, ini berarti bahwa semakin tinggi motivasi belajar siswa, maka semakin baik prestasi yang dicapai dan sebaliknya semakin rendah motivasi belajar siswa, maka semakin rendah pula prestasi belajarnya, (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika.
id IOS2728.17555
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:41:30Z
last_indexed 2016-09-22T02:41:30Z
recordtype dc
_version_ 1765810595653746688
score 17.538404