Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Setrategi Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD N 01 Ngunut Jumantono Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: SUSILO, JOKO
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/17513/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17513/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17513/5/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17513/7/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17513/9/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17513/11/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17513/18/DAFTAR_pUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17513/21/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17513/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Cooperative Learning tipe GI (Group Investigation) bagi siswa kelas IV SD Negeri 01 Ngunut, Jumantono, Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas bersifat kolaboratif, peneliti berkolaborasi dengan guru kelas IV. Subyek penelitian adalah peneliti sebagai pelaku tindakan kelas dan siswa kelas IV SD Negeri 01 Ngunut, Jumantono, Kabupaten Karanganyar. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan tes tertulis. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif mempunyai tiga buah komponen pokok yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA Siswa Kelas IV melalui model pembelajaran cooperative learning tipe GI terbukti rata-rata hasil belajar siswa pada pra tindakan 70,45, pada siklus I 71,96, pada siklus II 76,51. Kata kunci : Peningkatan Hasil Belajar Siswa, Group Investigation.