Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Startegi Information Seacrh Kelas V SDN 02 Genengan Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012
Main Author: | Ayu Hapsari Putri, Aprilia Dhian |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/17505/1/00._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17505/4/01._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/17505/6/02._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/17505/8/03._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/17505/13/04._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/17505/14/05._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/17505/23/06._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/17505/25/07._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17505/ |
Daftar Isi:
- Jenis penelitian ini adalah PTK ( Penelitian Tindakan Kelas ) yang bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan Strategi Information Seacrh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan test. Untuk menjamin validitas data, teknik yang digunakan adalah teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan strategi Information Seacrh meningkat menjadi 84%. Dengan dilakukanya tindakan siklus I dan siklus II, siklus I mencapai 58% (14 siswa) dan pada siklus II mencapai 84% ( 20 siswa ). Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunkan strategi Information Seacrh dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA.