Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Reading and Composition) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Pajang III Surakarta Tahun 2011/ 2012
Main Author: | Kurniawan,, Taufik Azis |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/17488/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17488/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/17488/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/17488/9/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/17488/13/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/17488/15/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/17488/18/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/17488/20/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17488/ |
ctrlnum |
17488 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/17488/</relation><title>Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Reading and Composition) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Pajang III Surakarta Tahun 2011/ 2012</title><creator>Kurniawan,, Taufik Azis</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Pajang III Surakarta melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Reading and Composition).
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 2 (dua) siklus. Subyek penelitian yang adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri pajang III Surakarta yang berjumlah 38 siswa. Metode
pengumpulan data digunakan melalui metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini telah mampu menjawab hipotesis “bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dapat meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas IV SD Negeri Pajang III tahun 2011/ 2012. Dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang meningkat dari keadaan prasiklus adalah 44,74%, pada siklus I menjadi 73,67%, dan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 94,60%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa
melalui penerapan model pembelajaran kooperatif CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dapat meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas IV SD Negeri Pajang III tahun 2011/ 2012.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17488/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17488/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17488/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17488/9/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17488/13/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17488/15/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17488/18/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17488/20/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Kurniawan,, Taufik Azis (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Reading and Composition) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Pajang III Surakarta Tahun 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510080231</relation><recordID>17488</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Kurniawan,, Taufik Azis |
title |
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Reading and Composition) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Pajang III Surakarta Tahun 2011/ 2012 |
publishDate |
2012 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/17488/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17488/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/17488/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/17488/9/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/17488/13/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/17488/15/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/17488/18/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/17488/20/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17488/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Pajang III Surakarta melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Reading and Composition).
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 2 (dua) siklus. Subyek penelitian yang adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri pajang III Surakarta yang berjumlah 38 siswa. Metode
pengumpulan data digunakan melalui metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini telah mampu menjawab hipotesis “bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dapat meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas IV SD Negeri Pajang III tahun 2011/ 2012. Dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang meningkat dari keadaan prasiklus adalah 44,74%, pada siklus I menjadi 73,67%, dan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 94,60%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa
melalui penerapan model pembelajaran kooperatif CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dapat meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas IV SD Negeri Pajang III tahun 2011/ 2012. |
id |
IOS2728.17488 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:41:27Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:41:28Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810595168256000 |
score |
17.538404 |