Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Reading and Composition) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Pajang III Surakarta Tahun 2011/ 2012

Main Author: Kurniawan,, Taufik Azis
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/17488/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17488/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17488/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17488/9/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17488/13/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17488/15/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17488/18/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17488/20/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17488/
ctrlnum 17488
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/17488/</relation><title>Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Reading and Composition) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Pajang III Surakarta Tahun 2011/ 2012</title><creator>Kurniawan,, Taufik Azis</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Pajang III Surakarta melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Reading and Composition).&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 2 (dua) siklus. Subyek penelitian yang adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri pajang III Surakarta yang berjumlah 38 siswa. Metode&#xD; pengumpulan data digunakan melalui metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini telah mampu menjawab hipotesis &#x201C;bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dapat meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas IV SD Negeri Pajang III tahun 2011/ 2012. Dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang meningkat dari keadaan prasiklus adalah 44,74%, pada siklus I menjadi 73,67%, dan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 94,60%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa&#xD; melalui penerapan model pembelajaran kooperatif CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dapat meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas IV SD Negeri Pajang III tahun 2011/ 2012.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17488/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17488/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17488/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17488/9/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17488/13/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17488/15/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17488/18/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17488/20/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Kurniawan,, Taufik Azis (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Reading and Composition) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Pajang III Surakarta Tahun 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510080231</relation><recordID>17488</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Kurniawan,, Taufik Azis
title Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Reading and Composition) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Pajang III Surakarta Tahun 2011/ 2012
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/17488/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17488/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17488/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17488/9/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17488/13/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17488/15/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17488/18/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17488/20/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17488/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Pajang III Surakarta melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Reading and Composition). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 2 (dua) siklus. Subyek penelitian yang adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri pajang III Surakarta yang berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data digunakan melalui metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini telah mampu menjawab hipotesis “bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dapat meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas IV SD Negeri Pajang III tahun 2011/ 2012. Dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang meningkat dari keadaan prasiklus adalah 44,74%, pada siklus I menjadi 73,67%, dan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 94,60%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dapat meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas IV SD Negeri Pajang III tahun 2011/ 2012.
id IOS2728.17488
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:41:27Z
last_indexed 2016-09-22T02:41:28Z
recordtype dc
_version_ 1765810595168256000
score 17.538404