Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Helajar PKn Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tempel Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: JANNAH, AYYU NURUL
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/17480/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17480/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17480/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17480/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17480/11/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17480/13/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17480/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17480/19/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17480/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar PKn melalui penggunaan media puzzle pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tempel Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas subyek penelitian yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis kritis dan analisis komparatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat dikemukakan kesimpulan bahwa melalui penggunaan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tempel Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012, hal ini ditunjukkan dari hasil rata-rata ulangan harian dalam kondisi awal dengan siklus I mengalami peningkatan sebesar 8,4 atau 13,9% sedangkan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 10,3 atau 15%. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa melalui penggunaan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tempel Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012, terbukti kebenarannya.