Implementasi Metode Pembelajaran Team Quiz Bervariasi Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012
Main Author: | NORANI, NOVIA GITA |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/17476/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17476/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/17476/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/17476/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/17476/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/17476/8/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/17476/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/17476/12/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17476/ |
ctrlnum |
17476 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/17476/</relation><title>Implementasi Metode Pembelajaran Team Quiz Bervariasi Untuk
Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VIIIC
SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012</title><creator>NORANI, NOVIA GITA </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Pelaksanaan proses pembelajaran yang berlangsung pada umumnya guru
masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui apakah dengan Implementasi metode pembelajaran
Team Quiz Bervariasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi
pada siswa kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2011/2012
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK).
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes
dokumentasi dan angket. Upaya pemecahan masalah dalam penelitian tindakan
kelas ini dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,
pengamatan dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data
model interaktif yang terdiri dari tiga kegiatan yaitu reduksi data, pemaparan data
dan penarikan kesimpulan. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam 2 siklus
dimana tiap siklus dilaksanakan dalam 2x pertemuan yang bertujuan untuk
memperoleh data peningkatan motivasi dan hasil belajar ekonomi.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi metode
pembelajaran Team Quiz bervariasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar
ekonomi pada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan
diperoleh rata-rata tingkat motivasi sebesar 23.33% dan hasil belajar ekonomi
siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 36.67% dengan
rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 58.77. Pelaksanaan tindakan pada siklus I
tingkat rata-rata motivasi siswa meningkat menjadi 48.66% dan hasil belajar siswa
yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebanyak 40% dengan nilai
rata-rata hasil belajar siswa sebesar 59.2. Pelaksanaan tindakan pada siklus II
tingkat rata-rata motivasi siswa meningkat menjadi 70.22% dan hasil belajar siswa
yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) meningkat menjadi 70%
dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 73.8. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan Implementasi metode pembelajaran
Team Quiz bervariasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi
pada siswa kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran
2011/2012 dapat dibuktikan kebenarannya.
.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17476/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17476/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17476/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17476/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17476/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17476/8/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17476/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17476/12/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> NORANI, NOVIA GITA (2012) Implementasi Metode Pembelajaran Team Quiz Bervariasi Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210080091</relation><recordID>17476</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
NORANI, NOVIA GITA |
title |
Implementasi Metode Pembelajaran Team Quiz Bervariasi Untuk
Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VIIIC
SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012 |
publishDate |
2012 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/17476/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17476/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/17476/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/17476/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/17476/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/17476/8/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/17476/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/17476/12/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17476/ |
contents |
Pelaksanaan proses pembelajaran yang berlangsung pada umumnya guru
masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui apakah dengan Implementasi metode pembelajaran
Team Quiz Bervariasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi
pada siswa kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2011/2012
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK).
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes
dokumentasi dan angket. Upaya pemecahan masalah dalam penelitian tindakan
kelas ini dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,
pengamatan dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data
model interaktif yang terdiri dari tiga kegiatan yaitu reduksi data, pemaparan data
dan penarikan kesimpulan. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam 2 siklus
dimana tiap siklus dilaksanakan dalam 2x pertemuan yang bertujuan untuk
memperoleh data peningkatan motivasi dan hasil belajar ekonomi.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi metode
pembelajaran Team Quiz bervariasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar
ekonomi pada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan
diperoleh rata-rata tingkat motivasi sebesar 23.33% dan hasil belajar ekonomi
siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 36.67% dengan
rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 58.77. Pelaksanaan tindakan pada siklus I
tingkat rata-rata motivasi siswa meningkat menjadi 48.66% dan hasil belajar siswa
yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebanyak 40% dengan nilai
rata-rata hasil belajar siswa sebesar 59.2. Pelaksanaan tindakan pada siklus II
tingkat rata-rata motivasi siswa meningkat menjadi 70.22% dan hasil belajar siswa
yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) meningkat menjadi 70%
dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 73.8. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan Implementasi metode pembelajaran
Team Quiz bervariasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi
pada siswa kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran
2011/2012 dapat dibuktikan kebenarannya.
. |
id |
IOS2728.17476 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:41:27Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:41:28Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810595121070080 |
score |
17.538404 |