Implementasi Metode Pembelajaran Team Quiz Bervariasi Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Main Author: NORANI, NOVIA GITA
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/17476/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17476/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17476/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17476/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17476/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17476/8/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17476/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17476/12/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17476/
ctrlnum 17476
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/17476/</relation><title>Implementasi Metode Pembelajaran Team Quiz Bervariasi Untuk&#xD; Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VIIIC&#xD; SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012</title><creator>NORANI, NOVIA GITA </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Pelaksanaan proses pembelajaran yang berlangsung pada umumnya guru&#xD; masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Tujuan penelitian ini&#xD; adalah untuk mengetahui apakah dengan Implementasi metode pembelajaran&#xD; Team Quiz Bervariasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi&#xD; pada siswa kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2011/2012&#xD; Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK).&#xD; Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes&#xD; dokumentasi dan angket. Upaya pemecahan masalah dalam penelitian tindakan&#xD; kelas ini dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,&#xD; pengamatan dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data&#xD; model interaktif yang terdiri dari tiga kegiatan yaitu reduksi data, pemaparan data&#xD; dan penarikan kesimpulan. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam 2 siklus&#xD; dimana tiap siklus dilaksanakan dalam 2x pertemuan yang bertujuan untuk&#xD; memperoleh data peningkatan motivasi dan hasil belajar ekonomi.&#xD; Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi metode&#xD; pembelajaran Team Quiz bervariasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar&#xD; ekonomi pada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan&#xD; diperoleh rata-rata tingkat motivasi sebesar 23.33% dan hasil belajar ekonomi&#xD; siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 36.67% dengan&#xD; rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 58.77. Pelaksanaan tindakan pada siklus I&#xD; tingkat rata-rata motivasi siswa meningkat menjadi 48.66% dan hasil belajar siswa&#xD; yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebanyak 40% dengan nilai&#xD; rata-rata hasil belajar siswa sebesar 59.2. Pelaksanaan tindakan pada siklus II&#xD; tingkat rata-rata motivasi siswa meningkat menjadi 70.22% dan hasil belajar siswa&#xD; yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) meningkat menjadi 70%&#xD; dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 73.8. Berdasarkan hasil&#xD; penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan Implementasi metode pembelajaran&#xD; Team Quiz bervariasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi&#xD; pada siswa kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran&#xD; 2011/2012 dapat dibuktikan kebenarannya.&#xD; .</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17476/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17476/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17476/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17476/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17476/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17476/8/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17476/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17476/12/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> NORANI, NOVIA GITA (2012) Implementasi Metode Pembelajaran Team Quiz Bervariasi Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210080091</relation><recordID>17476</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author NORANI, NOVIA GITA
title Implementasi Metode Pembelajaran Team Quiz Bervariasi Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012
publishDate 2012
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/17476/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17476/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17476/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17476/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17476/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17476/8/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17476/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17476/12/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17476/
contents Pelaksanaan proses pembelajaran yang berlangsung pada umumnya guru masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan Implementasi metode pembelajaran Team Quiz Bervariasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2011/2012 Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes dokumentasi dan angket. Upaya pemecahan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data model interaktif yang terdiri dari tiga kegiatan yaitu reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam 2 siklus dimana tiap siklus dilaksanakan dalam 2x pertemuan yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan motivasi dan hasil belajar ekonomi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi metode pembelajaran Team Quiz bervariasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi pada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan diperoleh rata-rata tingkat motivasi sebesar 23.33% dan hasil belajar ekonomi siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 36.67% dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 58.77. Pelaksanaan tindakan pada siklus I tingkat rata-rata motivasi siswa meningkat menjadi 48.66% dan hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebanyak 40% dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 59.2. Pelaksanaan tindakan pada siklus II tingkat rata-rata motivasi siswa meningkat menjadi 70.22% dan hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) meningkat menjadi 70% dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 73.8. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan Implementasi metode pembelajaran Team Quiz bervariasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012 dapat dibuktikan kebenarannya. .
id IOS2728.17476
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:41:27Z
last_indexed 2016-09-22T02:41:28Z
recordtype dc
_version_ 1765810595121070080
score 17.538404