Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Metode Make a Match Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Ngadirejo Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Ahmad, Syaiful
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/17406/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17406/4/03_BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17406/6/04_BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17406/7/05_BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17406/11/06_BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17406/13/07_BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17406/19/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17406/22/09_LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17406/
ctrlnum 17406
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/17406/</relation><title>Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Metode Make a Match Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Ngadirejo Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012</title><creator>Ahmad, Syaiful</creator><subject>LC Special aspects of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui metode Make a Match pada siswa kelas V SD Negeri 01 Ngadirejo kecamatan Mojogedang kabupaten karanganyar Tahun pelajaran 2011/2012&#xD; Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 01 Ngadirejo kecamatan Mojogedang kabupaten Karanganyar. penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas(PTK) dengan pola penilitian siklus. subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 01 Ngadirejo kecamatan Mojogedang kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer di peroleh dari hasil tes, observasi, dan wawancara, sedangkan data sekunder di peroleh dari dokumen, literatur, dan arsip sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengukur kemampuan menulis puisi, observasi untuk mengamati partisipasi siswa dan wawancara dengan guru untuk mengumpulkan data proses pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Ada peningkatan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V SD Negeri 01 Ngadirejo kecamatan Mojogedang kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012 setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan mengunakan metode Make a Match. Peningkatan menulis puisi tersebut diketahui dari dari tes kondisi awal siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata pada kondisi awal sebesar 63,27 dan termasuk dalam kategori cukup baik. Sedangkan nilai rata-rata pada siklus I mencapai 73,36 dan termasuk dalam kategori cukup baik.Dengan demikian ada peningkatan dari kondisi awal sebesar 10,09. Pada siklus II nilai rata-rata yang di capai adalah sebesar 82,73 dan termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian, terjadi peningkatan yaitu sebesar 9,36 dari hasil siklus I dan 19,45 dari kondisi awal.2) Ada perubahan sikap atau perilaku negatif berubah menjadi positif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode Make a Match dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17406/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17406/4/03_BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17406/6/04_BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17406/7/05_BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17406/11/06_BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17406/13/07_BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17406/19/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17406/22/09_LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Ahmad, Syaiful (2012) Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Metode Make a Match Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Ngadirejo Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510070385</relation><recordID>17406</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Ahmad, Syaiful
title Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Metode Make a Match Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Ngadirejo Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012
publishDate 2012
topic LC Special aspects of education
url http://eprints.ums.ac.id/17406/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17406/4/03_BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17406/6/04_BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17406/7/05_BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17406/11/06_BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17406/13/07_BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17406/19/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17406/22/09_LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17406/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui metode Make a Match pada siswa kelas V SD Negeri 01 Ngadirejo kecamatan Mojogedang kabupaten karanganyar Tahun pelajaran 2011/2012 Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 01 Ngadirejo kecamatan Mojogedang kabupaten Karanganyar. penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas(PTK) dengan pola penilitian siklus. subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 01 Ngadirejo kecamatan Mojogedang kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer di peroleh dari hasil tes, observasi, dan wawancara, sedangkan data sekunder di peroleh dari dokumen, literatur, dan arsip sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengukur kemampuan menulis puisi, observasi untuk mengamati partisipasi siswa dan wawancara dengan guru untuk mengumpulkan data proses pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Ada peningkatan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V SD Negeri 01 Ngadirejo kecamatan Mojogedang kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012 setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan mengunakan metode Make a Match. Peningkatan menulis puisi tersebut diketahui dari dari tes kondisi awal siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata pada kondisi awal sebesar 63,27 dan termasuk dalam kategori cukup baik. Sedangkan nilai rata-rata pada siklus I mencapai 73,36 dan termasuk dalam kategori cukup baik.Dengan demikian ada peningkatan dari kondisi awal sebesar 10,09. Pada siklus II nilai rata-rata yang di capai adalah sebesar 82,73 dan termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian, terjadi peningkatan yaitu sebesar 9,36 dari hasil siklus I dan 19,45 dari kondisi awal.2) Ada perubahan sikap atau perilaku negatif berubah menjadi positif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode Make a Match dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa.
id IOS2728.17406
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:41:25Z
last_indexed 2016-09-22T02:41:27Z
recordtype dc
_version_ 1765810594505555968
score 17.538404