Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Di SMPIT Az Zahra Sragen Tahun 2010/2011
Main Author: | Fauzi, Rafichsan |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/17405/1/02._Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/17405/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/17405/3/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/17405/4/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/17405/5/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/17405/8/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/17405/10/08._Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/17405/23/09._Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/17405/ |
Daftar Isi:
- Kompetensi guru merupakan kemampuan, keahlian dan keterampilan yang harus dimiliki oleh guru dalam menjalankan proses pembelajaran yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran sampai kepada pengevaluasian. Dalam hal pengevaluasian, seorang guru dikatakan berkompeten apabila memahami teknik dan prosedur evaluasi, serta mampu melaksanakan evaluasi sehingga didapat hasil evaluasi yang digunakan untuk memperbaiki proses belajar menagajar. Pelaksanaan evaluasi tersebut dimulai dari perencanaan evaluasi, pembuatan soal tes, mengolah dan menganalisis hasil tes hingga menginterpretasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi. Skripsi ini mengkaji tentang kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dalam hal pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Pembahasan skripsi ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam yang berkaitan dengan evaluasi pembelajaran, serta untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPIT Az Zahra Sragen. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan ( Field Research) sebab data-data yang dikumpulkan diperoleh dari pengamatan di lapangan dengan pendekatan kualitatif. Yaitu menggambarkan fenomena-fenomena yang ada pada saat ini atau saat yang lampau, dari seluruh data hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah sebagai berikut; (1) data primer, yaitu data informasi yang diperoleh peneliti secara langsung, (2) data sekunder, yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian sarana dan prasarana, siswa dan staf TU di SMPIT Az Zahra Sragen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PAI yang berjumlah 3 orang yang bertugas di SMPIT Az Zahra Sragen pada tahun pelajaran 2010/2011. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, dengan menggunakan metode induktif. Berdasarkan kepada hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam di SMPIT Az Zahra Sragen memiliki kompetensi yang cukup bagus dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Hal ini bisa dilihat mulai dari perencanaan evaluasi, Penyusunan soal tes, Pengolahan dan analisis hasil tes, Interpretasi dan tindak lanjut dari hasil evaluasi telah diterapkan di SMPIT Az Zahra Sragen. Namun perlu adanya peningkatan serta perbaikan terhadap kompetensi guru baik dengan mengikuti workshop, seminar-seminar dan kegiatan pengembangan kurikulum, sehingga apa yang menjadi visi dan misi sekolah dapat tercapai dengan baik dan memuaskan.