EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PROBLEM POSING DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Pada Siswa Kelas VII Semester Gasal SMP Negeri 4 Delanggu Tahun Ajaran 2010/2011)

Main Author: MARGIASTUTI, DEVI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/17398/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17398/3/3._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17398/4/4._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17398/6/5._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17398/8/6._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17398/10/7._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17398/11/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17398/14/9._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17398/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis, (1) perbedaan model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) perbedaan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 4 Delanggu. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 65 siswa, yang terdiri dari 34 siswa sebagai kelas Problem Posing dan 36 siswa sebagai kelas Konvensional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Clusterr Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis dengan metode Liliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) ada perbedaan penggunaan model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai FA = 4,810, (2) ada perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar siswa, dengan nilai FB = 19,917, (3) tidak ada interaksi penggunaan model pembelajaran ditinjau dari motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai FAB = 0,328.