Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn melalui metode pembelajaran aktif learning start with a question. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Gentan I yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil: 1) penerapan metode pembelajaran aktif learning start with a question dapat meningkatkan respon dan keaktifan siswa, yang meliputi: a) kesiapan siswa sebelum dilakukan tindakan sebesar 40% (8 siswa), pada siklus I sebesar 60% (12 siswa) dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 85% (17 siswa), b) kedisiplinan siswa sebelum dilakukan tindakan sebesar 45% (9 siswa), pada siklus I sebesar 75% (15 siswa) dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 90% (18 siswa). c) Kemampuan bertanya sebelum dilakukan tindakan sebesar 40% (8 siswa), pada siklus I sebesar 55% (11 siswa) dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 85% (17 siswa), d) kemampuan menjawab pertanyaan sebelum dilakukan tindakan sebesar 30% (6 siswa), pada siklus I sebesar 65% (13 siswa) dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 90% (18 siswa), e) keaktifan berpendapat sebelum dilakukan tindakan sebesar 25% (5 siswa), pada siklus I sebesar 50% (10 siswa) dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 80% (16 siswa), serta 2) penerapan metode pembelajaran aktif learning start with a question dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa, hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang mencapai KKM yaitu ≥70 sebelum dilakukan tindakan adalah 30% (6 siswa), pada siklus I sebesar 65% (13 siswa) dan akhir pelaksanaan tindakan mencapai 90% (18 siswa). Kata kunci: metode pembelajaran aktif learning start with a question, hasil belajar, keaktifan siswa