Penerapan Permainan Tebak Kata Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas Iv Sdn 02 Kaliwuluh Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/ 2012

Main Author: ERVIYANTO , AGUS
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/17382/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17382/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17382/6/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17382/8/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17382/11/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17382/12/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17382/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17382/19/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17382/
ctrlnum 17382
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/17382/</relation><title>Penerapan Permainan Tebak Kata Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas Iv Sdn 02 Kaliwuluh Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/ 2012&#xD; </title><creator> ERVIYANTO , AGUS</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Rumusan masalah yaitu: (1) Apakah dengan menerapkan permainan tebak kata dapat meningkatkan keaktifan belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 02 Kaliwuluh?, (2) Apakah dengan menerapkan permainan tebak kata dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 02 Kaliwuluh?. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) untuk mengetahui adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN 02 Kaliwuluh melalui permainan tebak kata, (2) untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar dalam mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN 02 Kaliwuluh melalui permainan tebak kata.Subjek penelitiannya adalah Siswa &#xD; dan Guru sedangkan Objek penelitiannya adalah pelajaran IPA dan Permainan Tebak Kata. &#xD; Teknik pengumpulan data dengan menggunakan pendekatan proses dengan metode observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen yang &#xD; digunakan dalam mengadakan evaluasi penelitian berupa lembar pengamatan siswa dan guru, tes, kartu tebak kata, serta daftar nilai kelas IV SDN 02 &#xD; Kaliwuluh. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis komparatif. Hasil penelitian ini diperoleh data awal nilai siswa mencapai ketuntasan minimal 65 adalah 45.16%, pada siklus I terdapat peningkatan menjadi 29.16%, &#xD; keaktifan belajar siswa mencapai 48.33%. Pada siklus II hasil belajar menjadi 83.33% dan tingkat keaktifan belajar sebesar 51.66%. Pada siklus III hasil belajar &#xD; siswa mencapai 91.66% dan keaktifan belajar meningkat menjadi 87.50%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) penggunaan &#xD; permainan tebak kata dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, (2) permainan tebak kata dapat meningkatkan hasil siswa kelas IV SDN 02 Kaliwuluh Tahun Pelajaran 2011/ 2012. &#xD; </description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17382/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17382/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17382/6/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17382/8/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17382/11/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17382/12/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17382/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17382/19/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> ERVIYANTO , AGUS (2012) Penerapan Permainan Tebak Kata Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas Iv Sdn 02 Kaliwuluh Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510091076 </relation><recordID>17382</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author ERVIYANTO , AGUS
title Penerapan Permainan Tebak Kata Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas Iv Sdn 02 Kaliwuluh Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/ 2012
publishDate 2012
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/17382/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17382/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17382/6/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17382/8/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17382/11/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17382/12/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17382/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17382/19/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17382/
contents Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Rumusan masalah yaitu: (1) Apakah dengan menerapkan permainan tebak kata dapat meningkatkan keaktifan belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 02 Kaliwuluh?, (2) Apakah dengan menerapkan permainan tebak kata dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 02 Kaliwuluh?. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) untuk mengetahui adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN 02 Kaliwuluh melalui permainan tebak kata, (2) untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar dalam mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN 02 Kaliwuluh melalui permainan tebak kata.Subjek penelitiannya adalah Siswa dan Guru sedangkan Objek penelitiannya adalah pelajaran IPA dan Permainan Tebak Kata. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan pendekatan proses dengan metode observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam mengadakan evaluasi penelitian berupa lembar pengamatan siswa dan guru, tes, kartu tebak kata, serta daftar nilai kelas IV SDN 02 Kaliwuluh. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis komparatif. Hasil penelitian ini diperoleh data awal nilai siswa mencapai ketuntasan minimal 65 adalah 45.16%, pada siklus I terdapat peningkatan menjadi 29.16%, keaktifan belajar siswa mencapai 48.33%. Pada siklus II hasil belajar menjadi 83.33% dan tingkat keaktifan belajar sebesar 51.66%. Pada siklus III hasil belajar siswa mencapai 91.66% dan keaktifan belajar meningkat menjadi 87.50%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) penggunaan permainan tebak kata dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, (2) permainan tebak kata dapat meningkatkan hasil siswa kelas IV SDN 02 Kaliwuluh Tahun Pelajaran 2011/ 2012.
id IOS2728.17382
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:41:24Z
last_indexed 2016-09-22T02:41:25Z
recordtype dc
_version_ 1765810594421669888
score 17.538404