Penerapan Permainan Tebak Kata Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas Iv Sdn 02 Kaliwuluh Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/ 2012
Main Author: | ERVIYANTO , AGUS |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/17382/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17382/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/17382/6/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/17382/8/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/17382/11/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/17382/12/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/17382/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/17382/19/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17382/ |
ctrlnum |
17382 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/17382/</relation><title>Penerapan Permainan Tebak Kata Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas Iv Sdn 02 Kaliwuluh Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/ 2012
</title><creator> ERVIYANTO , AGUS</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Rumusan masalah yaitu: (1) Apakah dengan menerapkan permainan tebak kata dapat meningkatkan keaktifan belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 02 Kaliwuluh?, (2) Apakah dengan menerapkan permainan tebak kata dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 02 Kaliwuluh?. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) untuk mengetahui adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN 02 Kaliwuluh melalui permainan tebak kata, (2) untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar dalam mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN 02 Kaliwuluh melalui permainan tebak kata.Subjek penelitiannya adalah Siswa 
dan Guru sedangkan Objek penelitiannya adalah pelajaran IPA dan Permainan Tebak Kata. 
Teknik pengumpulan data dengan menggunakan pendekatan proses dengan metode observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen yang 
digunakan dalam mengadakan evaluasi penelitian berupa lembar pengamatan siswa dan guru, tes, kartu tebak kata, serta daftar nilai kelas IV SDN 02 
Kaliwuluh. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis komparatif. Hasil penelitian ini diperoleh data awal nilai siswa mencapai ketuntasan minimal 65 adalah 45.16%, pada siklus I terdapat peningkatan menjadi 29.16%, 
keaktifan belajar siswa mencapai 48.33%. Pada siklus II hasil belajar menjadi 83.33% dan tingkat keaktifan belajar sebesar 51.66%. Pada siklus III hasil belajar 
siswa mencapai 91.66% dan keaktifan belajar meningkat menjadi 87.50%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) penggunaan 
permainan tebak kata dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, (2) permainan tebak kata dapat meningkatkan hasil siswa kelas IV SDN 02 Kaliwuluh Tahun Pelajaran 2011/ 2012. 
</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17382/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17382/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17382/6/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17382/8/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17382/11/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17382/12/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17382/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17382/19/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> ERVIYANTO , AGUS (2012) Penerapan Permainan Tebak Kata Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas Iv Sdn 02 Kaliwuluh Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510091076 </relation><recordID>17382</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
ERVIYANTO , AGUS |
title |
Penerapan Permainan Tebak Kata Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas Iv Sdn 02 Kaliwuluh Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/ 2012 |
publishDate |
2012 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/17382/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17382/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/17382/6/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/17382/8/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/17382/11/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/17382/12/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/17382/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/17382/19/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17382/ |
contents |
Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Rumusan masalah yaitu: (1) Apakah dengan menerapkan permainan tebak kata dapat meningkatkan keaktifan belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 02 Kaliwuluh?, (2) Apakah dengan menerapkan permainan tebak kata dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 02 Kaliwuluh?. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) untuk mengetahui adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN 02 Kaliwuluh melalui permainan tebak kata, (2) untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar dalam mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN 02 Kaliwuluh melalui permainan tebak kata.Subjek penelitiannya adalah Siswa
dan Guru sedangkan Objek penelitiannya adalah pelajaran IPA dan Permainan Tebak Kata.
Teknik pengumpulan data dengan menggunakan pendekatan proses dengan metode observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen yang
digunakan dalam mengadakan evaluasi penelitian berupa lembar pengamatan siswa dan guru, tes, kartu tebak kata, serta daftar nilai kelas IV SDN 02
Kaliwuluh. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis komparatif. Hasil penelitian ini diperoleh data awal nilai siswa mencapai ketuntasan minimal 65 adalah 45.16%, pada siklus I terdapat peningkatan menjadi 29.16%,
keaktifan belajar siswa mencapai 48.33%. Pada siklus II hasil belajar menjadi 83.33% dan tingkat keaktifan belajar sebesar 51.66%. Pada siklus III hasil belajar
siswa mencapai 91.66% dan keaktifan belajar meningkat menjadi 87.50%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) penggunaan
permainan tebak kata dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, (2) permainan tebak kata dapat meningkatkan hasil siswa kelas IV SDN 02 Kaliwuluh Tahun Pelajaran 2011/ 2012.
|
id |
IOS2728.17382 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:41:24Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:41:25Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810594421669888 |
score |
17.538404 |