Perbandingan hasil belajar matematika siswa kelas rsbi dan regular ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas vii semester gasal di smp al islam 1 surakarta tahun 2011/2012
Main Author: | Soekarno, Priyawan Lintang |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/17341/1/Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/17341/2/Bab_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/17341/8/Bab_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/17341/11/Bab_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/17341/13/Bab_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/17341/14/Bab_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/17341/16/Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/17341/17/Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/17341/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS RSBI DAN REGULAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER GASAL DI SMP AL ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN 2011/2012 Priyawan Lintang Soekarno, A410070084. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2011, 65 halaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar siswa kelas RSBI dan Regular, (2) perbedaan hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas RSBI dan Regular, (3) efek interaksi motivasi belajar siswa dan sistem penyelenggaraan pendidikan tehadap hasil belajar siswa matematika kelas RSBI dan Regular. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Al Islam 1 Surakarta tahun 2011/2012 RSBI sebanyak 1 kelas dan kelas Reguler sebanyak 7 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian siswa kelas VII RSBI dan sebagian siswa kelas Reguler. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sistematic random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi sebagai metode pokok dan angket sebagai metode bantu. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian pada α = 5%, diperoleh: (1) ada perbedaan hasil belajar siswa kelas RSBI dan Regular siswa kelas VII SMP Al- Islam 1 Surakarta, dengan Fa = 51.057, (2) ada perbedaan hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas RSBI dan Regular, dengan Fb = 35.557, (3) tidak ada efek interaksi motivasi belajar siswa dan sistem penyelenggaraan pendidikan tehadap hasil belajar siswa matematika kelas RSBI dan Regular SMP Al-Islam 1 Surakarta, dengan Fab = 2.846.