Budaya Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Luar Biasa Tunanetra (SLB-A) (Studi Etnografi Di SLB-A YKAB Surakarta)
Main Author: | Mustaqim, Yully Lailatul |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/17337/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17337/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/17337/3/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/17337/5/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/17337/11/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/17337/13/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/17337/16/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/17337/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan budaya belajar matematika yang meliputi budaya belajar matematika siswa sebelum proses belajar mengajar, budaya belajar matematika siswa pada saat proses belajar mengajar dan budaya belajar matematika siswa secara mandiri. Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis etnografi. Informan adalah kepala sekolah, guru matematika dan siswa SLB-A YKAB Surakarta.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data digunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian (1) budaya belajar matematika siswa SLB-A sebelum proses belajar mengajar yaitu dengan belajar kelompok untuk menyelesaikan permasalahan; (2) budaya belajar matematika siswa SLB-A selama proses belajar mengajar siswa aktif dalam kegiatan pemebelajaran dengan bertanya, mengerjakan soal dan diskusi dengan teman, penggunaan alat peraga membantu siswa dalam pembelajaran dan pada saat kegiatan pembelajaran menggunakan alat reglet dan pen untuk menulis huruf braille; (3) budaya belajar matematika siswa SLB-A secara mandiri yaitu siswa mempersiapkan materi sebelum pelajaran, belajar kelompok, dan mencari materi sendiri melalui buku maupun internet yang sudah disediakan khusus dari sekolah untuk siswa tunanetra.