Upaya Meningkatkan Keaktifan Dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Konstitusi yang Pernah Berlaku di Indonesia Melalui Penggunaan Strategi Pembelajaran Point Counter Point Pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 2 Jumapolo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Suryani, Subekti Nur
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/17321/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17321/4/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17321/6/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17321/10/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17321/12/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17321/16/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17321/19/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17321/20/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17321/
ctrlnum 17321
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/17321/</relation><title>Upaya Meningkatkan Keaktifan Dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Konstitusi yang Pernah Berlaku di Indonesia Melalui Penggunaan Strategi Pembelajaran Point Counter Point Pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 2 Jumapolo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012</title><creator>Suryani, Subekti Nur</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran PKn materi Konstitusi yang Pernah Berlaku di Indonesia pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Jumapolo Kabupaten Karanganyar melalui penggunaan strategi pembelajaran Point Counter Point. Keaktifan siswa sangat kurang sebelum diberikan tindakan kelas dan guru sudah mengupayakan solusi pemecahannya, antara lain: menggunakan strategi pembelajaran ceramah, diskusi, dan penugasan tetapi hasilnya belum dapat meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran Point Counter Point. Subjek pelaksanaan tindakan ini adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Jumapolo Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 31 siswa, kepala sekolah, guru PKn serta peneliti. Data penelitian ini diperoleh dari informan atau nara sumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Indikator kinerja penelitian tindakan kelas ini diharapkan dengan menggunakan strategi pembelajaran Point Counter Point keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Jumapolo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012 dapat meningkat minimal 75% dari 31 siswa.&#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Jumapolo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012 yaitu dari yang aktif dalam proses pembelajaran sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan sebelum diadakan penelitian tindakan kelas berjumlah 10 siswa (32,26%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran Point Counter Point, pada siklus I, keaktifan siswa meningkat menjadi 16 siswa (51,61%) dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 25 siswa (80,65%). Berdasarkan data hasil penelitian kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan &#x201C;Diduga dengan menggunakan strategi pembelajaran Point Counter Point mampu meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran PKn materi Konstitusi yang Pernah Berlaku di Indonesia pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Jumapolo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012&#x201D; terbukti dan dapat diterima kebenarannya.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17321/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17321/4/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17321/6/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17321/10/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17321/12/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17321/16/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17321/19/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17321/20/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Suryani, Subekti Nur (2012) Upaya Meningkatkan Keaktifan Dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Konstitusi yang Pernah Berlaku di Indonesia Melalui Penggunaan Strategi Pembelajaran Point Counter Point Pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 2 Jumapolo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A220080112</relation><recordID>17321</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Suryani, Subekti Nur
title Upaya Meningkatkan Keaktifan Dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Konstitusi yang Pernah Berlaku di Indonesia Melalui Penggunaan Strategi Pembelajaran Point Counter Point Pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 2 Jumapolo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/17321/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17321/4/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17321/6/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17321/10/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17321/12/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17321/16/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17321/19/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17321/20/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17321/
contents Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran PKn materi Konstitusi yang Pernah Berlaku di Indonesia pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Jumapolo Kabupaten Karanganyar melalui penggunaan strategi pembelajaran Point Counter Point. Keaktifan siswa sangat kurang sebelum diberikan tindakan kelas dan guru sudah mengupayakan solusi pemecahannya, antara lain: menggunakan strategi pembelajaran ceramah, diskusi, dan penugasan tetapi hasilnya belum dapat meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran Point Counter Point. Subjek pelaksanaan tindakan ini adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Jumapolo Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 31 siswa, kepala sekolah, guru PKn serta peneliti. Data penelitian ini diperoleh dari informan atau nara sumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Indikator kinerja penelitian tindakan kelas ini diharapkan dengan menggunakan strategi pembelajaran Point Counter Point keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Jumapolo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012 dapat meningkat minimal 75% dari 31 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Jumapolo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012 yaitu dari yang aktif dalam proses pembelajaran sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan sebelum diadakan penelitian tindakan kelas berjumlah 10 siswa (32,26%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran Point Counter Point, pada siklus I, keaktifan siswa meningkat menjadi 16 siswa (51,61%) dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 25 siswa (80,65%). Berdasarkan data hasil penelitian kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga dengan menggunakan strategi pembelajaran Point Counter Point mampu meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran PKn materi Konstitusi yang Pernah Berlaku di Indonesia pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Jumapolo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
id IOS2728.17321
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:41:24Z
last_indexed 2016-09-22T02:41:25Z
recordtype dc
_version_ 1765810594213003264
score 17.538404