Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih rendahnya hasil belajar matematika. Maka untuk meningkatkan hasil belajar matematika peneliti menerapkan metode pembelajaran get real pada materi bangun ruang dengan tujuan agar siswa lebih bersemangat dan lebih bisa memahami konsep-konsep matematika. Dengan gambaran agar siswa tidak hanya memahami konsep suatu materi secara abstrak, tetapi menjadikan materi itu menjadi kongkrit atau nyata. Subyek penelitian tindakan kelas ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri Mangin II dengan jumlah keseluruhan sebanyak 21 siswa. Berdasarkan hasil analisis dari penelitian yang dilaksanakan, setelah guru menerapkan metode pembelajaran get real terhadap siswa kelas IV SD Negeri Mangin II pada materi bangun ruang selama proses tindakan penelitian sudah terlaksana dengan baik dan lancar, yaitu terlihat dari aktifitas siswa dalam melaksanakan tahap-tahap pembelajaran menggunakan metode get real dan diperoleh prosentase rata-rata hasil belajar siswa meningkat mencapai 67,38. Sedangkan prosentase ketuntasan belajar siswa mencapai 85,71%, hal ini berarti telah tercapai ketuntasan klasikal, sedangkan ketuntasan individual belum tercapai karena tes akhir yang dicapai masih ada yang di bawah kriteria yaitu 3 siswa mencapai nilai kurang dari 60.