Penerapan Strategi pembelajaran Index Card Match untuk meningkatkan keaktifan dan Hasil belajar Biologi Kelas VII A Pada pokok Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup di SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2010/2011

Main Author: Kurniawati , Pipit Setia
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/17282/1/02._Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17282/4/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17282/6/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17282/8/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17282/9/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17282/11/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17282/15/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17282/17/09._Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17282/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran menggunakan strategi index card match dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar biologi kelas VII A pada pokok materi keanekaragaman makhluk hidup di SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus, yang tiap siklusnya diakhiri dengan post test. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa dari aspek kognitif siklus I nilai rata-rata sebesar 67.03 (ada peningkatan nilai sebesar 5.22) dari rata-rata nilai awal 61.81, sedangkan aspek afektif nilai rata-rata sebesar 11,03 (dikategori sedang). Siklus II aspek kognitif nilai rata-rata sebesar 72.13 (ada peningkatan nilai sebesar 5.1) dari siklus I sedangkan aspek afektif nilai rata-rata sebesar 17,47 (tergolong kategori baik). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran aktif index card match dapat meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar biologi siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran 2010/2011.