Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Rangka Manusia dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Pada Siswa Kelas IV MI Baitussalam Gadingan Tahun Pelajaran 2010/2011

Main Author: Nurhayati, Kristin
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/17258/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17258/3/03_BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17258/4/04_BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17258/6/05_BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17258/8/06_BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17258/10/07_BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17258/13/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17258/22/09_LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17258/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV MI Baitussalam Gadingan Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2010/2011. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Baitussalam Gadingan, Mojolaban, Sukoharjo yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai rerata pada kondisi awal siswa sebesar 59,74 dengan ketuntasan klasikal mencapai 63,16%. Siklus I diketahui nilai rerata 65, 79 dengan ketuntasan klasikal 84,21%, dan siklus II nilai rerata 73,95 dengan ketuntasan klasikal 89,47%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV MI Baitussalam Gadingan Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2010/2011.