Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS melalui metode pembelajaran PQRST bagi siswa kelas V SDN 01 Jatisobo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011. Subyek dalam penelitian ini adalah Guru dan Siswa kelas V SDN 01 Jatisobo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011. Obyek penelitian adalah Pembelajaran IPS dengan menggunakan Metode Pembelajaran PQRST. Dalam pengumpulan data, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi , tes tertulis, dan dokumentasi. Hasil belajar pada tiap siklus sebagai berikut: (1) Pra Tindakan jumlah anak yang nilainya dibawah 70 (KKM) sebanyak 18 anak atau 82 % sedangkan jumlah anak yang nilainya diatas 70 (KKM) 4 anak atau 18%, (2) siklus I jumlah anak yang nilainya dibawah 70 (KKM) sebanyak 14 anak atau 64% sedangkan jumlah anak yang nilainya diatas 70 (KKM) 8 anak atau 36%, (3) siklus II jumlah anak yang nilainya dibawah 70 (KKM) sebanyak 8 anak atau 36% sedangkan jumlah anak yang nilainya di atas 70 (KKM) 14 anak atau 64%, (4) siklus III jumlah anak yang nilainya dibawah 70 (KKM) sebanyak 0 atau 0%, sedangkan jumlah anak yang nilainya di atas 70 (KKM) 22 anak atau 100%. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah dengan menggunakan metode pembelajaran PQRST prosentase hasil belajar dari tiap siklus terjadi peningkatan secara terus menerus pada siswa kelas V semester II SDN 01 Jatisobo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011.