Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Kahuman Tahun Pelajaran 2011 / 2012

Main Author: Sari, Ria Nuranita
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/17250/1/02._COVER.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17250/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17250/3/04.BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17250/6/05.BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17250/8/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17250/14/07.BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17250/17/08.DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17250/19/09.LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17250/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan metode kooperatif tipe Kancing Gemerincing pada siswa kelas IV SD N 3 Kahuman Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD N 3 Kahuman tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 17 siswa. Data dikumpulkan dengan metode tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data mengunakan teknik alur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai ≥ 65 sebelum tindakan 57.35 menjadi 65.88 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 71.76 pada siklus II. Sedangkan dilihat dari prosentase ketuntasan hasil belajar yang mendapat nilai ≥ 65 sebelum tindakan sebanyak 4 siswa (23.53%), pada siklus I sebanyak 11 siswa (64.71%), pada siklus II sebanyak 14 siswa (82.35%) dengan demikian sebagian besar siswa kelas IV SD N 3 Kahuman mengalami peningkatan hasil belajar.