Penggunaan Teknik Jumping Frog Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Bagi Siswa Kelas Ii Sd Negeri 01 Gondangmanis Karangpandan Tahun 2011/2012
Main Author: | WAHYUNI , SRI |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/17195/1/COVER.pdf http://eprints.ums.ac.id/17195/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/17195/5/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/17195/10/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/17195/12/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/17195/15/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/17195/18/Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/17195/21/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17195/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan rumusan masalah adalah hasil belajar matematika rendah. Analisis kolaboratif menyataan salah satu sebab adalah guru masih banyak menggunakan metode ceramah, sehingga guru harus menggunakan metode aktif untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa bagi kelas 2 SDN 01 Gondangmanis tahun pelajaran 2011 / 2012 melalui teknik jumping frog. Data penelitian ini untuk menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi.Pengumpulan data yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik analisis data dengan menggunakan tehnik deskriptif kualitatif yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, display data dan penerikan kesimpulan. Hasil penelitian siklus I menunjukan siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebesar 33,33%, pada siklus II meningkat menjadi 70,37%, pada siklus III meningkat menjadi 96,29%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik jumping frog dapat meningkatkan hasil belajar matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat bagi siswa kelas 2 SD Negeri 01 Gondangmanis Karangpandan tahun pelajaran 2011/2012.