Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Penerapan Model Pq4r (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Pada Siswa Kelas Iv Sdn Begalon 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: NIQMA, UFIK FARIDATUN
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/17192/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17192/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17192/4/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17192/6/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17192/11/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17192/13/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17192/15/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17192/17/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17192/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) pada siswa kelas IV SDN Begalon 1 Surakarta. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Begalon 1 Surakarta yang berjumlah 45 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV SDN Begalon 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal ini terbukti pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata siswa 67,5 dengan persentase ketuntasan sebesar 28,89%, siklus I nilai rata-rata kelas 76,5 dengan persentase ketuntasan sebesar 46,67%, siklus II nilai rata-rata kelas 82,5 dengan presentase ketuntasan sebesar 88,89%. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas IV SDN Begalon 1 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012.