ctrlnum 17179
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/17179/</relation><title>Pendidikan Islam Pada Anak Madrasah Diniyah Awaliyah Muhammadiyah (Studi Kasus Di Desa Sribit, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten)</title><creator>SETYARTO, ALAN</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Pendidikan Islam merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi anak, karena membimbing anak menjadi orang yang beriman, berakhlak terpuji, taat beribadah, beramal shaleh, menjalankan syari&#x2019;at-Nya dan mengikuti jalan hidup&#xD; Islami dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan Islam dapat dilaksanakan melalui keluarga, masjid, sekolah dan masyarakat. Salah satu wujud pendidikan Islam yang ada di masyarakat, yaitu berupa Madrasah Diniyah (MD) yang ditujukan untuk anak-anak. Hal ini terjadi karena pendidikan Islam yang diberikan di sekolah umum dirasa masih kurang, maka perlu adanya penambahan pendidikan&#xD; Islam. Jenjang pendidikan yang ada di MD, yaitu Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA), Madrasah Diniyah Wustho (MDW) dan Madrasah Diniyah Ulya (MDU). Dari ketiga jenjang pendidikan yang tersebut yang banyak dijumpai hanyalah MDA. Namun saat ini jarang sekali MDA yang masih berdiri yang sebenarnya&#xD; sangat membantu dalam memberikan pendidikan keagamaan bagi anak-anak. Di Kecamatan Delanggu terdapat 3 MDA, yaitu di Desa Sribit, Karang dan Jetis. Dari ketiganya, yang menjadi andalan adalah Madrasah Diniyah Awaliyah Muhammadiyah (MDAM) di Desa Sribit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tujuan dan pelaksanaan pendidikan Islam pada anak MDAM di Desa Sribit serta faktor pendukung dan&#xD; penghambatnya. Sedangkan manfaat penelitian ini adalah menambah wawasan keilmuan tentang dunia pendidikan pada umumnya dan pendidikan Islam pada khususnya terutama untuk MDA. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan mengambil sampel dari pengurus, ustadz dan santri. Pengurus dan ustadz diambil sampel 7 orang dari 15 orang, sedangkan untuk santri diambil sampel 25 orang dari 137 orang. Untuk&#xD; pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari data yang ada kemudian dianalisis dengan tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Disamping itu, juga menggunakan metode berfikir&#xD; induktif dan deduktif. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tujuan pendidikan Islam di MDAM Desa Sribit adalah untuk memberikan bekal dan pendalaman pengetahuan dasar serta pengalaman agama Islam kepada anak-anak sehingga tercapai manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt., berakhlak mulia dan mampu&#xD; mengaktualisasikan diri dalam kehidupan masyarakat. Dalam pelaksanaannya dapat dikatakan berjalan dengan baik. Hal ini terbukti dengan berjalannya setiap program yang telah direncanakan, mulai dari waktu pelaksanaan, pembagian&#xD; kelas, materi, metode dan jadwal. Selain itu MDAM juga didukung dengan jumlah santri, jumlah ustadz, sarana prasarana yang memadai. Adapun faktor pendukungnya, yaitu antusias masyarakat dalam memasukkan anak-anaknya ke&#xD; MDAM, donatur masyarakat setiap bulannya, kemauan dan kerja keras dari ustadz-ustadzah untuk memajukan MDAM. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya alat peraga, kedisiplinan anak yang kurang diperhatikan, kurangnya persiapan beberapa ustadz-ustadzah dalam mengajar, perhatian orang tua terhadap tingkah laku anak di rumah, minimnya dana yang dimiliki dan tidak adanya bantuan dan perhatian dari pemerintah terhadap keberadaan MDA.</description><date>2007</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17179/1/Halaman_Awal.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17179/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17179/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17179/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17179/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17179/8/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17179/12/Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17179/13/Lampiran.pdf</identifier><identifier> SETYARTO, ALAN (2007) Pendidikan Islam Pada Anak Madrasah Diniyah Awaliyah Muhammadiyah (Studi Kasus Di Desa Sribit, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>G000030034</relation><recordID>17179</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author SETYARTO, ALAN
title Pendidikan Islam Pada Anak Madrasah Diniyah Awaliyah Muhammadiyah (Studi Kasus Di Desa Sribit, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten)
publishDate 2007
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/17179/1/Halaman_Awal.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17179/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17179/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17179/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17179/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17179/8/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17179/12/Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17179/13/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17179/
contents Pendidikan Islam merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi anak, karena membimbing anak menjadi orang yang beriman, berakhlak terpuji, taat beribadah, beramal shaleh, menjalankan syari’at-Nya dan mengikuti jalan hidup Islami dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan Islam dapat dilaksanakan melalui keluarga, masjid, sekolah dan masyarakat. Salah satu wujud pendidikan Islam yang ada di masyarakat, yaitu berupa Madrasah Diniyah (MD) yang ditujukan untuk anak-anak. Hal ini terjadi karena pendidikan Islam yang diberikan di sekolah umum dirasa masih kurang, maka perlu adanya penambahan pendidikan Islam. Jenjang pendidikan yang ada di MD, yaitu Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA), Madrasah Diniyah Wustho (MDW) dan Madrasah Diniyah Ulya (MDU). Dari ketiga jenjang pendidikan yang tersebut yang banyak dijumpai hanyalah MDA. Namun saat ini jarang sekali MDA yang masih berdiri yang sebenarnya sangat membantu dalam memberikan pendidikan keagamaan bagi anak-anak. Di Kecamatan Delanggu terdapat 3 MDA, yaitu di Desa Sribit, Karang dan Jetis. Dari ketiganya, yang menjadi andalan adalah Madrasah Diniyah Awaliyah Muhammadiyah (MDAM) di Desa Sribit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tujuan dan pelaksanaan pendidikan Islam pada anak MDAM di Desa Sribit serta faktor pendukung dan penghambatnya. Sedangkan manfaat penelitian ini adalah menambah wawasan keilmuan tentang dunia pendidikan pada umumnya dan pendidikan Islam pada khususnya terutama untuk MDA. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan mengambil sampel dari pengurus, ustadz dan santri. Pengurus dan ustadz diambil sampel 7 orang dari 15 orang, sedangkan untuk santri diambil sampel 25 orang dari 137 orang. Untuk pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari data yang ada kemudian dianalisis dengan tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Disamping itu, juga menggunakan metode berfikir induktif dan deduktif. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tujuan pendidikan Islam di MDAM Desa Sribit adalah untuk memberikan bekal dan pendalaman pengetahuan dasar serta pengalaman agama Islam kepada anak-anak sehingga tercapai manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt., berakhlak mulia dan mampu mengaktualisasikan diri dalam kehidupan masyarakat. Dalam pelaksanaannya dapat dikatakan berjalan dengan baik. Hal ini terbukti dengan berjalannya setiap program yang telah direncanakan, mulai dari waktu pelaksanaan, pembagian kelas, materi, metode dan jadwal. Selain itu MDAM juga didukung dengan jumlah santri, jumlah ustadz, sarana prasarana yang memadai. Adapun faktor pendukungnya, yaitu antusias masyarakat dalam memasukkan anak-anaknya ke MDAM, donatur masyarakat setiap bulannya, kemauan dan kerja keras dari ustadz-ustadzah untuk memajukan MDAM. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya alat peraga, kedisiplinan anak yang kurang diperhatikan, kurangnya persiapan beberapa ustadz-ustadzah dalam mengajar, perhatian orang tua terhadap tingkah laku anak di rumah, minimnya dana yang dimiliki dan tidak adanya bantuan dan perhatian dari pemerintah terhadap keberadaan MDA.
id IOS2728.17179
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:41:19Z
last_indexed 2016-09-22T02:41:21Z
recordtype dc
_version_ 1765810593206370304
score 17.538404