Peningkatan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas V Melalui Permainan Monopoli Di Sd Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012
Main Author: | PRASETYAWATI, ENY BUDI |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/17162/1/Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/17162/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/17162/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/17162/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/17162/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/17162/9/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/17162/11/Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/17162/12/Lampiran-Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/17162/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V melalui Permainan Monopoli di SD Muhammadiyah 7 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 7 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara ,observasi, test, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Validitas data yang dilakukan adalah dengan trianggulasi data. Hasil Penelitian Tindakan Kelas menunjukkan bahwa dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) melalui Permainan Monopoli terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V di SD Muhammadiyah 7 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012. Hasil belajar siswa di atas KKM (60), pada siklus I: 60 % dan siklus II: 90%. Melihat bukti di atas, hasil anlisis data, dan pembahasannya, dapat diambil kesimpulannya seperti berikut ini: (1) Permainan Monopoli yang dibuat dengan baik dan digunakan secara intensif mampu meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V di SD Muhammadiyah 7 Surakarta, (2) Penggunaan Permainan Monopoli dalam proses pembelajaran juga mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.