Upaya Meningkatkan Keaktifan dalam Proses Pembelajaran Materi Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama Melalui Strategi Small Group Discussion pada Siswa KElas VIIIE SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten KAranganyar Tahun Ajaran 2011/2012

Main Author: RHOHMAWATI, IKA YUNIANA
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/17144/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17144/2/03._BAB_I_ika.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17144/4/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17144/6/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17144/8/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17144/9/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17144/19/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17144/22/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17144/
ctrlnum 17144
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/17144/</relation><title>Upaya Meningkatkan Keaktifan dalam Proses Pembelajaran Materi Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama Melalui Strategi Small Group Discussion pada Siswa KElas VIIIE SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten KAranganyar Tahun Ajaran 2011/2012</title><creator>RHOHMAWATI, IKA YUNIANA</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran PKn, materi Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama melalui strategi Small Group Discussion Bervariasi pada siswa kelas VII E SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012. Subjek penelitian ini adalah guru kelas, kepala sekolah, dan siswa kelas VII E SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 32 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui narasumber. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan penerapan strategi Small Group Discussion Bervariasi. Indikator kinerja dalam penelitian ini diharapkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas VII E SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012 dapat meningkat minimal 75% dari jumlah keseluruhan 32 siswa.&#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan dalam proses pembelajaran PKn materi Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama pada siswa kelas VII E SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012 sesuai indikator yang telah ditetapkan sebelum diadakan penelitian tindakan kelas adalah 6 siswa (18,75%). Setelah dilakukan tindakan pada siklus I yaitu dengan menerapkan strategi Small Group Discussion Bervariasi dalam proses pembelajaran PKn, keaktifan siswa meningkat menjadi 15 siswa (46,87%). Setelah dilakukan tindakan yang direvisi yaitu dengan pemberian motivasi-motivasi dan reward pada siklus II, keaktifan siswa dapat meningkat menjadi 27 siswa</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17144/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17144/2/03._BAB_I_ika.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17144/4/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17144/6/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17144/8/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17144/9/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17144/19/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17144/22/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> RHOHMAWATI, IKA YUNIANA (2012) Upaya Meningkatkan Keaktifan dalam Proses Pembelajaran Materi Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama Melalui Strategi Small Group Discussion pada Siswa KElas VIIIE SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten KAranganyar Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A220080111</relation><recordID>17144</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author RHOHMAWATI, IKA YUNIANA
title Upaya Meningkatkan Keaktifan dalam Proses Pembelajaran Materi Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama Melalui Strategi Small Group Discussion pada Siswa KElas VIIIE SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten KAranganyar Tahun Ajaran 2011/2012
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/17144/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17144/2/03._BAB_I_ika.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17144/4/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17144/6/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17144/8/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17144/9/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17144/19/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17144/22/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17144/
contents Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran PKn, materi Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama melalui strategi Small Group Discussion Bervariasi pada siswa kelas VII E SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012. Subjek penelitian ini adalah guru kelas, kepala sekolah, dan siswa kelas VII E SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 32 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui narasumber. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan penerapan strategi Small Group Discussion Bervariasi. Indikator kinerja dalam penelitian ini diharapkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas VII E SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012 dapat meningkat minimal 75% dari jumlah keseluruhan 32 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan dalam proses pembelajaran PKn materi Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama pada siswa kelas VII E SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012 sesuai indikator yang telah ditetapkan sebelum diadakan penelitian tindakan kelas adalah 6 siswa (18,75%). Setelah dilakukan tindakan pada siklus I yaitu dengan menerapkan strategi Small Group Discussion Bervariasi dalam proses pembelajaran PKn, keaktifan siswa meningkat menjadi 15 siswa (46,87%). Setelah dilakukan tindakan yang direvisi yaitu dengan pemberian motivasi-motivasi dan reward pada siklus II, keaktifan siswa dapat meningkat menjadi 27 siswa
id IOS2728.17144
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:41:18Z
last_indexed 2016-09-22T02:41:19Z
recordtype dc
_version_ 1765810593086832640
score 17.538404